EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM OPERASI BERBASIS LINUX UBUNTU HAMZANWADI V.14 MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATAKULIAH SISTEM OPERASI DI STKIP HAMZANWADI SELONG PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA

Rasyid Hardi Wirasasmita, Tsamarul Hizbi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mendapatkan hasil dari penerapan metode praktikum menggunakan sistem operasi linux ubuntu hamzanwadi v.14 terhadap peningkatan pemahaman mahasiswa antara kelas atas dan kelas bawah.. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran pada mata kuliah sistem operasi di STKIP Hamzanwadi Selong Program Studi Pendidikan Informatika. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model pre  experimental  dengan  one group pretest posttest design.. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP Hamzanwasi selong prodi pendidikan informatika semester 1 dan 3. Sampel terdiri dari 30 mahasiswa. Pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik ramdom sampling atau pengambilan secara acak yaitu terdiri dari kelas eksperimen saja. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda (multiple choice) dan teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji  t satupihak.

   Dari data hasil penelitian kelas control (data pre-tes) diperoleh rata-rata nilai sebesar 64,53, standar deviasi 10,63 dengan jumlah nilai keseluruhan adalah 1963. Sedangkan dari data hasil penelitian kelas eksperimen (data post-tes) diperoleh rata-rata nilai sebesar 87,30, standar deviasi 5,40 dengan jumlah nilai keseluruhan adalah 2619. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan Polled Varian (Sugiyono,2008) Rumus 9.12, ternyata hipotesis alternatif (H1) diterima. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan statistiknya dengan taraf kepercayaan 5% diperoleh Ttabel = 1,671 sedangkan Thitung= 10,460maka Thitung> Ttabel, sehingga hasil pengujian hasil hipotesisnya adalah Ho ditolak dan H1 diterima.

   Sedangkan Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan Sampel berkorelasi dengan menggunakan nilai r (Sugiyono,2008) Rumus 9.13, ternyata hipotesis alternatif (H1) diterima. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan statistiknya dengan taraf kepercayaan 5% diperoleh Ttabel = 1,671 sedangkan Thitung= 10,697maka Thitung> Ttabel, sehingga hasil pengujian hasil hipotesisnya adalah Ho ditolak dan H1 diterima.

   Dari hasil pengujian tersebut terlihat bahwa penerapan sistem operasi linux ubuntu hamzanwadi v.14 menggunakan metode praktikum efektif terhadap pemahaman hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah sistem operasi. Dengan demikian pembelajaran menggunakan metode praktikum efektif sehingga dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar mahasiswa terhadap penerapan sistem operasi linux ubuntu hamzanwadi v.14.

 

Kata kunci

Metode Praktikum, Sistem Operasi Linux Ubuntu Hamzwawadi, Mata Kuliah Sistem Operasi


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Educatio is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats