KONTRIBUSI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM HAMZANWADI PANCOR (Studi Persepsi Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Hamzanwadi Pancor)

Deni Siregar

Abstract


M. DENI SIREGAR, 2015. Kontribusi Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa kelas VIII di SMP Laboratorium Hamzanwadi Pancor Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui besarnya kontribusi pemberian layanan kelompok dalam  Peningkatan Kedisiplinan Siswa kelas VIII di SMP Laboratorium Hamzanwadi. Penelitian ini menggunakan penelitian ex fost facto yaitu mencari sebab kedisiplinan siswa melalui pemberian layanan bibimbingan kelompok. Teknik yang dipakai mengumpulan data adalah wawancara dan menyebarkan instrumen penelitian menegnai layanan bimbingan kelompok dan dokumentasi mengenai hasil kedisiplinan siswa. Data dianalisis dengan menggunakan rumus product moment  yang bersifat kuantitatif .

Hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada bab IV di atas menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap tingkat kedisilinan siswa kelas VIII di SMP Laboratorium Hamzanwadi Pancor dengan r hitung = 0,313 > r tabel = 0,227 pada taraf signifikan 5 %. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat kontribusi pemberian layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.

 

 

Kata Kunci : Pemberian Layanan bimbingan kelompok dan kedisiplinan siswa


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Educatio is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats