ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEKUATAN LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA KELAS VII MTs. MUALIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2014/1015

Karno Dinata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan latihan passing, baik passing bawah yang paling dominan dalam permainan bola voli dan passing atas di MTs. MUALIMIN NW Pancor Metode yang akan digunakan adalah metode eksperimen. Jumlah  sampel 53 yang ditentukan dengan sistematic random sampling.

          Analisa data dilakukan dengan tiga cara yakni analisis univariat, analisis bivariat, dan Analisis Multivariat.  Bahawa 69.8% responden benar, sedangkan 30.2% responden passing bola voli yang kurang baik. kemudian Variabel yang dominan berpengaruh terhadap kemampuan passing bola voli responden adalah sarana dengan nilai OR = 8.456, artinya sarana yang tersedia mempunyai kecendrungan 7 kali responden melakukan latihan kekuatan lengan terhadap kemampuan passing bola voli dengan benar dibandingkan dengan sarana yang tidak tersedia.

          Dari hasil analisis data diperoleh variable yang berhubungan dengan kemampuan passing bola voli responden adalah peran guru dalam memberikan kesempatan pada responden untuk melakukan passing yakni 85.7% dari pada tidak mendapatkan dukungan sebesar 52.0%. Dimana variable sarana bola voli tersedia sebanyak 88.9% bila dibandingkan dengan yang tidak tersedia 50.0%. Sedangkan variable yang tidak berhubungan adalah pengetahuan responden tentang bola voli dalam melatih kekuatan lengan terhadap kemampuan passing sebagian besar berpengetahuan buruk 52.8% dan variable motivasi responden dalam melatih kekuatan lengan guna mendapatkan kemampuan passing sebagian besar rendah 66.0%.

          Peneliti menyarankan khususnya pada guru penjaskes yakni perlu meningkatkan kemampuan teknik dasar passing bawah,dan passing atas dalam permainan bola voli dengan peningkatan intensitas latihan melalui kegiatan ekstrakulikuler pada siswa MTs. Mualimin NW Pancor dangan dukungan sarana dan prasarana.

 

Kata Kunci: Bola Voli, Passing Bawah, Passing Atas, Kekuatan Lengan

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.