Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur

Isfi Sholihah

Abstract


Isfi Sholihah, M.Si. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur.â€. STKIP Hamzanwadi Selong.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendidikan, usia dan pelayanan terhadap persepsi masyarakat tentang perbankan syariah di Kecamamatan Selong.

Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang terdiri dari guru, ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa, pedagang, pelajar, petani, pegawai negeri sipil (PNS), dan wiraswasta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dan kuesioner. Sampel sebanyak 100 orang dengan pengambilan sampel menggunakan metode Probability Sampling. Dalam menetukan calon responden sebagai sampel, pada penelitian ini menggunakan tabel angka random (TAR). Alat uji statistik yang digunakan untuk analisis penelitian ini adalah multiple regression dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS), metode asumsi klasik, koefisien determinasi dan uji parameter individual dan simultan. Pengolahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan software SPSS.

Hasil pengolahan data primer dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa secara bersama-sama terdapat hubungan signifikan dan positif antara variabel pendidikan, usia dan pelayanan terhadap persepsi masyarakat umum tentang perbankan syariah di Kecamatan Selong. Dari ketiga variabel bebas, terlihat bahwa variabel pelayanan merupakan variabel utama yang memberikan kontribusi paling besar dalam hubungannya dengan hasil persepsi masyarakat tentang perbankan syariah di Kecamatan Selong.

Kata Kunci : Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah.




DOI: https://doi.org/10.29408/edc.v10i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.