Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi
DOI:
https://doi.org/10.29408/geodika.v3i2.1686Keywords:
Inquiry Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Mata Pelajaran GeografiAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian dilaksanakan pada Kelas X SMA PGRI 2 Palembang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Sampel penelitian diambil dari 144 siswa kelas X IPS di SMA PGRI 2 Palembang sebagai populasi dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal uraian. Analisis data menggunakan Statistik Parametris dengan uji-t dan taraf signifikansi (É‘ = 0,05). Hasil analisis menunjukkan nilai thitung(4,468) > ttabel (1,996). Diketahui bahwa hipotesis diterima Ha Jika thitung > thabel dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi, Khususnya di Kelas X di SMA PGRI 2 Palembang Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
Alfi, C., Sumarmi., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah dengan Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4): 597-602.
Dananjaya, Utomo. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Ennis, R. H. (1985). Goals for a Critical Thinking Curriculum. dalam Developing minds a resource book for teaching. A. L. Costa (editor). Virginia: ASCD 54-57.
Ennis, R. H. (1996). Critical thinking dispositions: Their nature and assessability. Informal logic, 18(2).
Haury, L. David. (1993). Teaching Science Through Inquiry. Columbus, OH : ERIC Clearinghouse for Science, Mathematicks, and Environmental Education. 1-8.
Hidayati, N.H. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Malang.
Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muzakkir, M., Samsudi, S., & Rifa’i, A. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 4(1): 1-7.
Prince, M., and R. Felder. (2007). The Many Faces of Inductive Teaching and Learning. Journal of College Science Teaching, 36(5): 14-20.
Puspitasari, D., Santoso, S., & Karyanto, P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan. Prosiding Seminar Nasional Geotik 2017. 83-92.
Rosita, Laili & Nuranisa .(2018). Efektifitas Model Pembelajaran Inquiry Based Learning dalam Proses Pembelajaran pada Mahasiswa, Prosiding Seminar Nasional Peran Geografi dalam Pengelolaan Potensi Sumberdaya Lokal. Banda Aceh: Universitas Syah Kuala. hal 341-347.
Rosita, Laili & Nuranisa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Geografi. Jurnal Swarnabhumi, 4 (1): 6-11.
Shymansky, J. A. (1992). Using constructivist ideas to teach science teachers about constructivist ideas, or teachers are students too!. Journal of Science Teacher Education, Springer. 3(2), 53-57.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sumaatmadja, Nursid. (2001). Metode Pembelajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, A. (2012). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wardoyo, S.M. (2013). Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta: Akademia.
Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Pascasarjana Unesa. Halaman 1-14.
Zubaidah, S. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Symposium on Biology Education (Symbion). Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Halaman 200-213.