Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi pada Komunitas Sekolah di Pondok Pesantren Raudatul Jannah Lombok Utara

Authors

  • Zulhan Hadi Universitas Hamzanwadi
  • Hasrul Hadi Universitas Hamzanwadi
  • Suroso Suroso Universitas Hamzanwadi
  • Armin Subhani Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v7i2.24599

Keywords:

mitigasi bencana, gempa bumi, komunitas sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui upaya mitigasi struktural bencana alam gempa bumi pada komunitas sekolah, 2) Mengetahui upaya mitigasi non-struktural bencana alam gempa bumi pada komunitas sekolah. Penelitian di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Karang Raden Lombok Utara ini  merupakan Jenis deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya mitigasi struktural bencana alam gempa bumi pada komunitas sekolah di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Karang Raden Lombok Utara masih terbatas pada bangunan sekolah yang sudah sesuai standar bangunan tahan gempa, namun sistem informasi kedaruratan, literatur kebencanaan, peralatan keselamatan darurat dan rambu-rambu kebencanaan belum ada dan atau belum dilaksanakan secara maksimal; 2) Upaya mitigasi non-struktural bencana alam gempa bumi pada komunitas sekolah di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Karang Raden Lombok Utara belum maksimal dilakukan, karena kebijakan hukum pemerintah daerah untuk mitigasi bencana gempa bumi di sekolah masih belum ada, serta belum dilakukannya kegiatan pendidikan dan pelatihan mitigasi bencana gempa bumi dengan maksimal.

 

References

Bakti, H. K., & Nurmandi, A. (2020). Pemulihan Pasca Bencana Gempa Bumi di Lombok Utara Pada Tahun 2018. Jurnal Geografi, 12(2), 137-151.

Basuki, I. (2020). Mitigasi Struktural Bencana pada Infrastuktur Sistem Transportasi. Dalam Savetlana, S., Sukmana, I., Muhammad, MA., & Yudamson, A., Ilmu-Ilmu Teknik: Kebencanaan 2019. (hal. 11-20). Bandar Lampung: UPT Perpustakaan Universitas Lampung.

ESDM, Badan Geologi. (2022). Gempa Bumi Merusak di Indonesia Tahun 2021”. Badan Geologi,Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. https://geologi.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/gempa-bumi- merusak-di-indonesia-tahun-2021 (diakses pada tanggal 05 Juli 2023).

Hadi, H., Agustina, S., & Subhani, A. (2019). Penguatan kesiapsiagaan stakeholder dalam pengurangan risiko bencana alam gempabumi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 3(1), 30-40.

Hamid, N. (2020). Urgensi Pendidikan Kebencanaan Kepada Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 232-239.

Haryuni, S. (2018). Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di “Yayasan Hidayatul Mubtadiin Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(2), 133-139.

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana di Sekolah untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 94-102.

Irawan, I., Subiakto, Y., & Kustiawan, B. (2022). Manajemen Mitigasi Bencana Pada Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 609-615.

Irawan, I., Subiakto, Y., & Kustiawan, B. (2022). Manajemen Mitigasi Bencana Pada Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 609-615.

Malau, l. R. E., Rambe, k. R., Ulya, n. A., & Purba, a. G. (2023). Dampak perubahan iklim terhadap produksi tanaman pangan di Indonesia: dampak perubahan iklim terhadap produksi tanaman pangan di Indonesia. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 23(1), 34-46.

Moleong, J.Lexy. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mustajab, R. (2022). Indonesia Masuk Daftar Negara Paling Rawan Bencana pada 2021. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/varia/detail/indonesia-masuk-daftar-negara- paling-rawan-bencana-pada-2021 (diakses pada tanggal 05 Juli 2023).

Ningtyas, D. P., & Risina, D. F. (2018). Pengembangan Permainan Sirkuit Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Meningkatkan Self Awareness Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 172-187.

Prasanti, D., & Fuady, I. (2017). Strategi komunikasi dalam kesiapan menghadapi bencana longsor bagi masyarakat di Bandung Barat (studi kasus tentang strategi komunikasi dalam kesiapan menghadapi bencana longsor bagi masyarakat kawasan pertanian di kaki Gunung Burangrang, Kab. Bandung. Jurnal Komunikasi, 11(2), 135-148.

Qurrotaini, L., & Nuryanto, N. (2020). Implementasi pendidikan mitigasi bencana alam gempa bumi dalam pembelajaran IPS SD. Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Dalam Pembelajaran IPS SD, 2(1), 37-44.

Raden, J. S., Putri, I. R. R., Indriantoro, A., Hasanah, F. R., Rahmawati, I. N., Putri, L. S. N., ... & Saklil, T. H. (2023). Edukasi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi di Universitas Alma Ata Yogyakarta: Indonesia. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(1), 18-26.

Ridha, R., Hakim, L., & Dharmawansyah, D. (2022). Evaluasi Kebijakan Pelaksanaan Perbaikan dan Pembangunan Rumah Korban Gempa Bumi di NTB. In Prosiding Seminar Nasional Planoearth (Vol. 3, pp. 129-132).

Sari, I. R. (2014). Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Non Struktural Bencana Gempa Bumi di SMP Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Undang-Undang No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Widiyanta, D. (2010). “Kilas Balik Kabupten Sleman”. Jurnal Of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689-1699.

Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, (PTK), dan (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Zahro, Z. R., Andriningrum, H., Sari, E. P., & Gunawan, I. (2017). “Sekolah Siaga Bencana: Kajian Evaluatif Kesiapsiagaan Sekolah Menghadapi Bencana”. Seminar Nasional Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Sinergitas Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, (1): 511-519.

Downloads

Published

2023-12-31