Pemanfaatan Embung dalam Keberlanjutan Produktivitas Lahan Kering di Lombok Selatan Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Rabiatun Johaniah Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi
  • Sri Agustina Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v1i1.3010

Keywords:

Pemanfaatan, Embung, Produktivitas, Lahan Kering

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan embung dalam keberlanjutan produktivitas lahan kering di  Lombok Selatan pada Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksprerimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat Desa Seriwe pengguna embung, teknik Sampling yang digunakan adalah kuota sampling dengan 45 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kepustakaan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dengan persentase. Hasil data pemanfaatan embung (penggunaan embung, produktivitas pertanian, lahan kering) diperoleh skor pencapaian 3.312, skor maksimal 4.725 atau 70,09% dengan rata-rata 73,60 dari keseluruhan dapat dikategorikan efektif, di Desa Seriwe banyak terdapat embung pribadi dan embung bersama, dan keberadaan embung yang dimanfaatkan oleh petani kurang produktif  dalam keberlanjutan produktivitas lahan kering, karena air embung yang tersedia tidak mampu bertahan lama mengakibatkan pertaniannya menjadi kurang produktif, dan produktivitasnya tidak bisa berkelanjutan.

References

Alexander dan Harahab, Syaripuddin. 2009. Perencanaan Embung Tambaboyo Kabupaten Sleman D.I.Y. Skripsi. Universitas Diponegoro: Semarang.

Bungi, M. Burhan. 2005. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Hasani, M. Zaki. 2014. Hubungan Faktor Geografis dan Sosial Budaya Dengan Rendahnya Kunjungan K-4 di Jineng Kecamatan Wanasaba. Artikel Skripsi. STKIP Hamzanwadi: Selong.

Junus, Mahmud. 2014. Online. (http://www.referensimakalah.com/2013/04/ pengertian-pemanfaatan-dalam-kepemilikan.html). Diakses/20/02/2015.

Negara, L Dewa Gede Jaya. 2014. Karakteristik tampungan embung Rakyat di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Tengah, Caracteristic Embung Rakyat Srorage in Central Lombok and West Lombok. Universitas Mataram : Mataram.

Partanto, A Pius dan Al Barry, M. Dahlan. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Rianto, Yatim. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2017-06-30

Issue

Section

Articles