Profil Sektor Informal pada Kawasan Wisata Pantai Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Suroso Suroso Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v1i1.3011

Keywords:

demografis, ketenagakerjaan, sektor informal

Abstract

Pembangunan Dermaga Labuhan Haji Lombok Timur telah memicu berkembangnya sektor informal dari waktu ke waktu. Keberadaan sektor informal  terbentang dari sisi utara dermaga hingga sisi selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil sektor informal dilihat dari sisi demografis dan aspek ketenagakerjaan. Jumlah responden dalam penelitian ini sebesar 24 responden, yang tersebar pada kawasan sebelah utara dermaga dan sebelah selatan dermaga. Hasil penelitian menunjukan bahwa 70,83% pelaku sektor informal didominasi kelompok umur di bawah 39 tahun dengan jumlah anggota rumahtangga 54,16%  sebesar 3-4 anggota rumah tangga. Sedangkan dilihat berdasarkan aspek ketenagakerjaan, 66,7 % para pelaku sektor informal dibantu oleh anggota rumah tangga yakni anak-anak merka. Sedangkan 25 % mengguakan tenaga anak dengan status tidak dibayar.Sedangkan dilihat berdasarkan curahan waktu, para pekerja sektor informal bekerja penuh waktu yakni lebih dari 42 jam per minggu. Bahkan 95,8% pelaku sektor informal bekerja sehari lebih dari 10 jam. Hal ini menunjukan sebagian besar sektor informal berada dalam kondisi miskin, sehingga ada kecendrungan untuk menambah jam bekerja dengan harapan ada penembahan penghasilan

References

Iriyanti Rahma.2000.Pengembangan Sektor Informal: Sebagai Alternatif Kesempatan Kerja Produktif. Kumpulan Makalah Jakarta.

Mahyudin, B Juanda dan H Siregar.2006. Distorsi Pasar Tenaga Kerja. Analisis Kekuatan Upah dan Kelambanan Respon Permintaan Tenaga Kerja di Sulawesi Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian.
Mantra, I B. 2000. Demografi Umum.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyadi. 2003. Ekonomi Sumberdaya Manusia: Dalam Perspektif Pembangunan. Jakarta Grafindo.

Priyono,E. 1999. Mengapa Pengangguran Rendah di Sektor Ekonomi?. Jakarta: Lembaga Demografi UI.

Rahardjo, Dawam. 2003. Peranan Pekerja Dalam Pembangunan Ekonomi. Jakarta: LSPEUI.

Sjaifudin, Hetifah . 1995. Strategi dan Agenda Pembangunan Usaha Kecil. Bandung: Akatiga

Downloads

Published

2017-06-30

Issue

Section

Articles