Model Konstruksi Ruang Kecamatan Sekarbela Berdasarkan Interaksi Ruang Menggunakan Near Neighbourhood Analysis & Space Syntax

Authors

  • Fariz Primadi Hirsan Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Agus Kurniawan Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ardi Yuniarman Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.6080

Keywords:

Konstruksi Ruang, Interaksi Ruang, Analisis Tetangga Terdekat, Space Syntax

Abstract

semakin meningkatnya kebutuhan ruang kekotaan mendorong perembetan sehingga mengakibatkan “desakan” pertumbuhan Kota Mataram, lahan-lahan yang ada di wilayah Kecamatan Sekarbela, berubah fungsi menjadi kawasan terbangun. Perubahan itu mengakibatkan susunan konstruksi ruang yang ada di Kecamatan Sekarbela, secara tidak langsung juga akan mengalami penyesuaian. Dalam kajian ini diharapkan dapat mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh fenomena perubahan pemanfaatan ruang yang ada di Kecamatan Sekarbela, terhadap susunan konstruksi ruang yang ada, berdasarkan tingkat interaksi wilayah yang ada di Kecamataan Sekarbela. Metode dalam permodelan ini menggunakan pendekatan geografis dengan pendekatan menggunakan Analisis Tetangga Terdekat, dan akan dilakukan pengolahan dengan metode Space Syntax menggunakan program DepthMapX. Dari permodelan yang dilakukan diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan analisis analisis tetangga terdekat, pola persebaran kawasan permukiman menunjukkan pola persebaran mengelompok, menyebabkan layanan public tidak merata, tidak sesimbang dan tidak efektif. Nilai interaksi wilayah yang diperoleh juga menunjukkan dominasi nilai yang kecil. Sedangkan permodelan ruang, dengan pendekatan Space Syntax, menunjukkan bahwa konfigurasi antar ruang yang ada di kecamatan Sekarbela relatif lemah, sehingga perlu adanya integrasi secara lebih kuat antar pusat-pusat layanan yang sudah eksis atau dengan menetapkan pusat pelayanan baru.

References

Adawiyah, H. (2021). Analisis Sistem Informasi Geografis Perubahan Penggunaan Lahan di Kecamatan Labuhan Haji. Geodika, 174-184.

Al_Sayed, K. T. (2014). Space Syntax Methodology. London: UCL.

Azwar, S. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Christiawan, P. I. (2018). Antisipasi Dampak Negatif Urban Sprawl pada WIlayah Pinggiran Kota Denpasar. Seminar Nasional Hukum & ilmu Sosial Ke-2 (hal. 1-5). Singaraja: Univ. Pendidikan Ganesha - Buleleng.

Dwiyanto, T. &. (2013). Karakteristik Belanja Warga Pinggiran Kota (Studi Kasus Kecamatan Banyumakik Kota Semarang). Jurnal Pengembangan Kota, 1(2), 118-127.

Fariz Primadi, L. J. (2019). Kajian Kecenderungan Perkembangan Kawasan Permukiman Pada Wilayah Peri Urban Kota Mataram. Seminar Nasional ASPI 2019 (hal. 45-52). Pontianak: Jurusan Perencanaan Wilayah & Kota, Univ. Tanjung Pura.

Hanief, F. (2014). Pengaruh Urban Sprawl Terhadap Perubahan Bentuk Kota Semarang Ditinjau Dari Perubahan Kondisi Fisik Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang. Jurnal Ruang, Vol 2 No. 1, 341-350.

Muhakym, A. (2018). Analisis Perkembangan Kawasan Terbangun Bagian Utara Kota Payakumbuh. Jurnal Buana – Volume-2 No-2, 618-629.

NTB, P. P. (2009). Peraturan Daerah Prov. NTB No. 3 Tahun 2009, Tentang RTRW Prov. NTB Tahun 2009-2029. Mataram: Biro Hukum - Setda NTB.

Nurhalimah, D., & Astuti, D. W. (2020). Analisis Hubungan Konfigurasi Ruang dengan Penyebaran Pengunjung Pasar Klewer Menggunakan Space Syntax. Jurnal Sinektika, 17(1), 13-20.

Puspitasari, C. (2020). Metode Analisa Space Syntax Pada Penelitian Interaksi Kota Multibudaya. LAKAR - Jurnal Arsitektur, 36-44.

Rustiadi, E. (2010). Paradigma Baru Proses Perencanaan Pengembangan Wilayah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saraswati, D. A. (2016). Analisis Perubahan Luas dan Pola Persebaran Permukiman. Jurnal Geodesi Undip, 155-163.

Setyaningsih, R. (2015). Pola Perkembangan Dan Faktor Penentu Guna Lahan Di Kec. Beji, Kota Depok. Jurnal Teknik PWK, 4(1), 78-92.

Siregar, J. P. (2014). Metodologi dasar space syntax dalam analisis konfigurasi ruang. Malang: UB Press.

Yunus, H. S. (2010). Metodologi Penelitian, Wilayah Kontemporer. Dalam H. S. Yunus, Metodologi Penelitian, Wilayah Kontemporer (hal. 44). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusliana. (2020). Interaksi Wilayah Pusat Pertumbuhan Melalui Pendekatan Skalogram dan Gravitasi di Wilayah Pesisir Daerah Istimewa Yogyakarta. Geodika, 148-159.

Downloads

Additional Files

Published

2022-12-31