Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Pembelajaran Geografi Materi Planet di Tata Surya
DOI:
https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.6122Keywords:
pengembangan media, augmented reality, planetAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya pengaplikasian teknologi dan kurangnya dukungan media pembelajaran geografi yang menarik pada materi planet di tata surya. Materinya yang bersifat abstrak dan kompleks memerlukan sebuah media yang mampu memvisualisasikan objek planet secara jelas dan nyata. Dari permasalahan tersebut, maka bentuk teknologi yang tepat untuk digunakan ialah Augmented Reality. Dalam penelitian ini teknologi AR diintegrasikan menggunakan kartu sebagai media yang mampu memunculkan model 3D planet yang sesungguhnya dan teks tambahan sebagai pelengkap informasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis AR pada mata pelajaran geografi materi planet di tata surya, serta mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis AR materi planet di tata surya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE, yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan yaitu ADD (Analysis, Design, & Development). Uji validasi media ini berdasarkan penilaian dari ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Penilaian hasil validasi produk oleh ahli bahasa sebesar 60%, ahli materi 90%, dan ahli media 95%. Selain itu, dilakukan juga uji coba kepada guru mata pelajaran dan siswa, untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penilaian respon siswa dan guru diperoleh persentase kelayakan yang sama yaitu sebesar 86,66% dengan kriteria layak.
References
Acesta, A., & Nurmaylany, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 346–352.
Al Shuaili, K., Al Musawi, A. S., & Hussain, R. M. (2020). The effectiveness of using augmented reality in teaching geography curriculum on the achievement and attitudes of Omani 10th Grade Students. Multidisciplinary Journal for Education, Social and Technological Sciences, 7(2), 20.
Alkhattabi, M. (2017). Augmented Reality as E-learning Tool in Primary Schools’ Education: Barriers to Teachers’ Adoption. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 12(02), Art. 02.
Ananda, T. A., Safriadi, N., & Sukamto, A. S. (2015). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet Di Tata Surya. 1(1), 1–6.
Arif, S. H., Handoyo, B., & Rosyida, F. (2022). Pengembangan media pembelajaran Geografi menggunakan augmented reality pada materi vulkanisme berbasis spasial. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(2), Art. 2.
Atmaja, N. J. D. (2018). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif 3d Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Android. Prosiding Semnastek, Art. 0.
Blyznyuk, T. (2018). Formation of Teachers’ Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1), Art. 1.
Cholifah, T. N., & Muslihasari, A. (2022). Pengembangan Digital Flipbook berbasis Dolanan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD di Desa Palaan pada Era Covid-19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 149–158.
Dewi, K., & Sahrina, A. (2021). Urgensi augmented reality sebagai media inovasi pembelajaran dalam melestarikan kebudayaan. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 1077-1089.
Ghofur, Abd., & Youhanita, E. (2020). Interactive Media Development to Improve Student Motivation. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 1.
Hashim, H. (2018). Application of Technology in the Digital Era Education. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(2), 1.
Hordiienko, V. V., Marchuk, G. V., Vakaliuk, T. A., & Pikilnyak, A. V. (2020). Development of a model of the solar system in AR and 3D. http://ds.knu.edu.ua/jspui/handle/123456789/3536
Kairu, C. (2021). Augmented Reality and Its Influence on Cognitive Thinking in Learning. American Journal of Educational Research, 9(8), Art. 8.
Kasinathan, V., Mustapha, A., Hasibuan, M. A., & Abidin, A. Z. Z. (2018). First Discovery: Augmented Reality for Learning Solar Systems. International Journal of Integrated Engineering, 10(6), 6.
Lo, J.-H., Lai, Y.-F., & Hsu, T.-L. (2021). The Study of AR-Based Learning for Natural Science Inquiry Activities in Taiwan’s Elementary School from the Perspective of Sustainable Development. Sustainability, 13, 6283.
Madhankumar, Prawin Sankar, T. A., Thomas, S., Brundhavani, G., Paul, P., & Girishkumar, V. (2021). Development of Mobile Application Incorporating Augmented Reality for E-education and Training Systems. 1059, 012016.
Mantasia, M., & Jaya, H. (2016). Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan Dan Penunjang Metode Pembelajaran Di Smk Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 281.
Masri, M., & Lasmi, E. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless | Masri | JET (Journal of Electrical Technology).
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 10.
Mutia, T. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Geografi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Kelas X. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 5(1), 164-173.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Quintero, J., Baldiris, S., Rubira, R., Cerón, J., & Velez, G. (2019). Augmented Reality in Educational Inclusion. A Systematic Review on the Last Decade. Frontiers in Psychology, 10, 1835.
Sathish, S., K, P. L., & P, S. (2022). Envision of Solar System using Augmented Reality. 2022 First International Conference on Electrical, Electronics, Information and Communication Technologies (ICEEICT), 1-5.