Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Ekopedagogi untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas VI

Authors

  • Saufi rohayati program studi pendidikan dasar pasca sarjana universitas hamzanwadi
  • Muhamad Ali program studi pendidikan dasar pasca sarjana universitas hamzanwadi
  • Armin Subhani program studi pendidikan geografi fakultas ilmu sosial dan ekonomi universitas hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.6464

Keywords:

LKPD, Ekopedagogi, R&D

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Ekopedagogi pada kelas VI Sekolah Dasar (SD); 2) mengetahui validitas produk pengembangan LKPD berbasis Ekopedagogi; dan 3) mengetahui efektivitas produk hasil pengembangan LKPD berbasis Ekopedagogi pada kelas VI Sekolah Dasar Negeri 4 Perian. Metode penelitian yang digunakan adalah research and Develoment (R&D) dengan menggunakan model 4D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Desimination. Karena keterbatasan waktu dan subjek riset, maka penelitian ini hanya sampai tahapan Develop. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang validator (validator materi, desain, dan bahasa), 10 orang siswa untuk uji kelompok kecil serta 20 siswa untuk uji kelompok besar. Analisis validasi ahli dan respon siswa menggunakan tabulasi dan skor, sedangkan analisis efektifitas menggunakan N-Gain Skor. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan validitas materi sangat valid dengan skor 93%, validitas desain sangat valid dengan skor 90%, dan validitas bahasa sangat valid dengan skor 91%. Uji kelompok kecil juga menunjukkan angka sangat baik dengan skor tanggapan terendah 94% dan yang tertinggi 100%. Efektivitas produk LKPD Berbasis Ekopedagogi cukup efektif digunakan dalam pembelajaran dengan nilai N-Gain 0,57 (sedang). Pengembangan lebih lanjut disarankan pengembangan dalam bentuk platform digital.

References

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al- Biruni, 5(1), 83–93.

Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman tentang lingkungan berkelanjutan. Modul, 18(2), 75-82.

Fauziah, S. I., Zanthy, L. S., & Kuswoyo, R. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp. Journal on Education, 01(02), 247–255.

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Knappptma, 7 (Maret), 307–314.

Hasyim, R., & Umar, S. H. (2019). Peranan Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran (Bahan Ajar) Abad 21 Di Smp Negri 2 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 2(1), 184–192.

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.

Sirate, S.F.S, & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316.

Somantri, D. (2021). Abad 21 pentingnya kompetensi pedagogik guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 188-195.

Subhani, A., & Agustina, S. (2018). Pengembangan lembar kerja spatial thinking to solving problem pada program studi pendidikan geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 2(2), 41-52.

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tohir, M. (2019). Menjadikan Para Siswa Aktif Bertanya dalam Kelas Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013. 249–263.

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 27-34.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258-274.

Downloads

Published

2022-12-31