Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Mind Mapping pada Pokok Bahasan Alat Optik di SMA
DOI:
https://doi.org/10.29408/hijase.v1i2.27022Keywords:
Alat Optik, LKPD, Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan dan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis mind mapping yang dikembangkan untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D, yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pengujian produk pengembangan LKPD berbasis mind mapping dilakukan melalui validasi dari ahli materi, ahli media, dan angket respon siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Teknik analisis data hasil penyebaran angket dilakukan dengan tabulasi data dari masing-masing validator, menghitung skor rata-rata, dan jumlah persentase skor. Berdasarkan hasil penilaian dari tiga orang ahli materi dan tiga orang ahli media menunjukkan bahwa kualitas LKPD termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase skor masing-masing 85% dan 84%. Selain itu, hasil penilaian dari respon siswa menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase skor 82%. Temuan ini mengindikasikan bahwa LKPD berbasis mind mapping yang dikembangkan tidak hanya layak secara materi dan media, tetapi juga praktis digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran.
References
Astari, T. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pelangi, 9(2), 150–160. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.2050
Dinata, T. P., and Reinita, R. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique Sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter dan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1189–1202. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/584
Efendi, R., and Ningsih, A. R. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. penerbit Qiara Media.
Eko, S., and Mitarlis. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Strategi Mind Mapping untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Redoks Kelas X. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 185–194.
Juandi, T., Kaniawati, I., Samsudin, A., Verawati, N. N. S. P., and Zahara, L. (2024). Learning Problems of Prospective Teachers in Lectures Modern Physics During the Covid-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 2024, 1221–1238. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.16064
Mulhayatiah, D., Sinaga, P., Rusdiana, D., Kaniawati, I., and Junissetiawati, D. (2022). Modern Physics E-book Based Multirepresentation for Hybrid Learning. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 11(4), 1166–1177. http://www.european-science.com
Putri, D., and Mitarlis, D. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Mapping Pada Materi Laju Reaksi Untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Kelas Xi Sma Development of Students Worksheet Based on Mind Mapping in Reaction Rates Material To Practice Students Creativ. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2), 340–348.
Samsudin, A., Rusdiana, D., Efendi, R., Fratiwi, N. J., Aminudin, A. H., and Adimayuda, R. (2021). Development of Predict-Observe-Explain (POE) Strategy Assisted by Rebuttal Texts on Newton’s Law Material with Rasch Analysis. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(1), 103–115. https://doi.org/10.24042/tadris.v6i1.7641
Utami, N. K. A. A., and Suniasih, N. W. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Mind Mapping Materi Sistem Pencernaan IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 47–56. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58677
Wu, H. Z., and Wu, Q. T. (2020). Impact of mind mapping on the critical thinking ability of clinical nursing students and teaching application. Journal of International Medical Research, 48(3). https://doi.org/10.1177/0300060519893225
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sapiruddin, Diana Aulia, Aryani Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Hamzanwadi Journal of Science Education must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Hamzanwadi Journal of Science Education provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Hamzanwadi Journal of Science Education can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Hamzanwadi Journal of Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License