Penerapan Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.29408/hijase.v1i2.27390Keywords:
Pendekatan STEM, Psikomotorik, IPAAbstract
TTujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan STEM terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA di SMPN 1 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 25 siswa kelas VIII B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa pengamatan secara langsung menggunakan lembar observasi psikomotorik. Nilai rata-rata pre-test sebesar 77,7 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,1. Berdasarkan uji paired simple test pada pretest dan posttest diperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan psikomotorik yang signifikan. Kemudian selanjutnya uji N-Gain, diperoleh nilai sebesar 0,37 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan psikomotorik dalam kategori sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA
References
Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Dengan Pendekatan STEM Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 33–40. https://doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4400
Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, 1(1), 722–731.
Anindayati, A. T., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Pendekatan Pembelajaran Stem Dengan Model Pjbl Dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 217. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.217-225
Ayu, D. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan STEM Dalam Pembelajaran IPA terhadap keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD Negri 2 Way Gubag 1813053078.
Asmianti, P. I. A., & Agustyarini, Y. (2021). Efektivitas Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Materi Pecahan. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(3), 287. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i3.27654
Dwita, L., & Susanah, S. (2020). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Dalam Pembelajaran Matematika Di Smk Pada Jurusan Bisnis Konstruksi Dan Properti. MATHEdunesa, 9(2), 276–286. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p276-286
Khaira, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran STEM Terhadap Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Seminar Nasional MIPA IV, 233–237.
Khoerunnisa, D., Inka Amiroh, A., Dzakirah Nurshalihah, N., & Marta Putri, F. (2021). Analisis Implementasi Pembelajaran Berbasis Stem Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Era New Normal. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 3(2), 169–181.
Kholifah, I. N., Maryanto, A., & Widodo, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran Ipa Berbasis Stem Terhadap Sikap Ingin Tahu Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Smp. Jurnal TPACK IPA, 7(3), 129–135.
Mustika, C. (2020). Analisis Perbedaan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI IPA 1 Dan Siswa Kelas XI IPA 3 Pada Materi Suhu Dan Kalor Di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. FTK_ Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 1(1), 1–112.
Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Mipa,13(1),34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819
Muyassarah, A., Ratu, T., & Erfan, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Motorik Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4, 1. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v4i0.35906
Nida’ul Khairiyah, Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) (Medan:Guepedia, 2019)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Bandung:Alfabeta, 2007)
Utami, P. A., Jaya, F., & Seituni, S. (2021). Pengaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3863–3876.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Winda, Haeruddin, Ielda Paramita, Nurjannah, Deltha Wati Isti Ratnaningtiyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Hamzanwadi Journal of Science Education must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Hamzanwadi Journal of Science Education provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Hamzanwadi Journal of Science Education can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Hamzanwadi Journal of Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License