Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III Sekolah Dasar Materi Energi dan Sumber Energi
DOI:
https://doi.org/10.29408/hijase.v1i2.27419Keywords:
Energi dan Sumber Energi, Hasil Belajar, Metode DemonstrasiAbstract
Penelitian ini berujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan metode demonstrasi bagi siswa kelas III. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data terdiri atas observasi dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 30 anak. Setelah data berhasil dikumpulkan kemudian dilakukan analisis menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan ketuntasan hasil evaluasi siswa terhadaap pemahaman dengan materi energi dan sumber energi. Peningkatan ketuntasan belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana kondisi awal hanya terdapat 10 siswa yang telah tuntas dalam belajarnya, pada siklus I ketuntasan bealajar siswa meningkat menjadi 10 siswa yang telah tuntas, dan pada siklus II ketuntasan belajar Siswa menjadi 23 Siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa metode demonstrasi dapat meeningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III sekolah datar. berdasarkan hasil penelitian tersebut hendaknya sebagai seorang guru mampu mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan metode yang pas dengan materi, salah satunya dengan metode demonstrasi. Dan dalam proses pembelajaran hendaknya dikaitkan dengan dunia nyata siswa supaya materi pelajaran akan mudah dipahami.
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Issue 2). Unissula Press. https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4
Daring, N. F. H. B. M. S. M. P. (2021). Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8248
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.
Hunaidah, M., Armin, A., & Fayanto, S. (2018). Penerapan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA fisika materi pokok …. Quantum: Seminar Nasional …, 25, 293–298.
Juandi, T., Kaniawati, I., Samsudin, A., & Riza, L. S. (2023). Implementing the rasch model to assess the level of students’ critical and reflective thinking skills on the photoelectric effect. Momentum: Physics Education Journal, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/mpej.v7i2.8252
Mariana, I. M. ., & Praginda, W. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenanga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
Milotul, M., Reinita, R., & Fitria, Y. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1480–1493. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/614
Mulyati, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 09 Baringin. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(2), 214–222.
Mustika, A. Y., Amalia, M. R., Aulia, M. H., Munika, N., Alam, N. G., Amri, S. A., Syifani, S. S., Azzahra, S. P., & Aisyah, U. K. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence ( AI ) Dalam Proses Kegiatan Belajar di Mata Kuliah IPA Dasar Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang. Jurnal Analisis, 3(1), 112–122.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Rahmah, N. (2013). Belajar bermakna ausubel. 1, 43–48.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, S. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta. Alfabeta.
Santosa, A. W. (2022). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sd Negeri Sudimoro 2 Tahun Ajaran 2021/2022. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234–239. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1345
Siregar, E. (2018). Konsep Dasar IPA untuk Sekolah Dasar. Erlangga.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Susbiyanto, S., Hidayat, T., Surtikanti, H. K., Riandi, R., Juandi, T., Rochman, S., & Chatib, M. (2024). Perception of Citizen Science Project in Ecology Courses Using Rasch Measurement Model. KnE Social Sciences, 2024, 1159–1169. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.16057
Trisnayanti, Y., Sunarno, W., Masykuri, M., Sukarmin, & Jamain, Z. (2023). Determining Students’ Higher Thinking Skills Profile Using Creative Problem-Solving Model Indicators Integrated With Predict-Observe-Explain. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 387–400. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i3.44650
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eka Rizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Hamzanwadi Journal of Science Education must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Hamzanwadi Journal of Science Education provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Hamzanwadi Journal of Science Education can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Hamzanwadi Journal of Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License