Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III Sekolah Dasar Materi Energi dan Sumber Energi

Authors

  • Eka Rizal Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.29408/hijase.v1i2.27419

Keywords:

Energi dan Sumber Energi, Hasil Belajar, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan metode demonstrasi bagi siswa kelas III. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data terdiri atas observasi dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 30 anak. Setelah data berhasil dikumpulkan kemudian dilakukan analisis menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan ketuntasan hasil evaluasi siswa terhadaap pemahaman dengan materi energi dan sumber energi. Peningkatan ketuntasan  belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana kondisi awal hanya terdapat 10 siswa yang telah tuntas dalam belajarnya, pada siklus I ketuntasan bealajar siswa meningkat menjadi 10 siswa yang telah tuntas, dan pada siklus II ketuntasan belajar Siswa menjadi 23 Siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa metode demonstrasi dapat meeningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III sekolah datar. berdasarkan hasil penelitian tersebut hendaknya sebagai seorang guru mampu mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan metode yang pas dengan materi, salah satunya dengan metode demonstrasi. Dan dalam proses pembelajaran hendaknya dikaitkan dengan dunia nyata siswa supaya materi pelajaran akan mudah dipahami.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Issue 2). Unissula Press. https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Daring, N. F. H. B. M. S. M. P. (2021). Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8248

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.

Hunaidah, M., Armin, A., & Fayanto, S. (2018). Penerapan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA fisika materi pokok …. Quantum: Seminar Nasional …, 25, 293–298.

Juandi, T., Kaniawati, I., Samsudin, A., & Riza, L. S. (2023). Implementing the rasch model to assess the level of students’ critical and reflective thinking skills on the photoelectric effect. Momentum: Physics Education Journal, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/mpej.v7i2.8252

Mariana, I. M. ., & Praginda, W. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenanga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Milotul, M., Reinita, R., & Fitria, Y. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1480–1493. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/614

Mulyati, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 09 Baringin. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(2), 214–222.

Mustika, A. Y., Amalia, M. R., Aulia, M. H., Munika, N., Alam, N. G., Amri, S. A., Syifani, S. S., Azzahra, S. P., & Aisyah, U. K. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence ( AI ) Dalam Proses Kegiatan Belajar di Mata Kuliah IPA Dasar Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang. Jurnal Analisis, 3(1), 112–122.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050

Rahmah, N. (2013). Belajar bermakna ausubel. 1, 43–48.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, S. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta. Alfabeta.

Santosa, A. W. (2022). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sd Negeri Sudimoro 2 Tahun Ajaran 2021/2022. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234–239. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1345

Siregar, E. (2018). Konsep Dasar IPA untuk Sekolah Dasar. Erlangga.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Susbiyanto, S., Hidayat, T., Surtikanti, H. K., Riandi, R., Juandi, T., Rochman, S., & Chatib, M. (2024). Perception of Citizen Science Project in Ecology Courses Using Rasch Measurement Model. KnE Social Sciences, 2024, 1159–1169. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.16057

Trisnayanti, Y., Sunarno, W., Masykuri, M., Sukarmin, & Jamain, Z. (2023). Determining Students’ Higher Thinking Skills Profile Using Creative Problem-Solving Model Indicators Integrated With Predict-Observe-Explain. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 387–400. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i3.44650

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Rizal, E. (2024). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III Sekolah Dasar Materi Energi dan Sumber Energi. Hamzanwadi Journal of Science Education, 1(2), 48–55. https://doi.org/10.29408/hijase.v1i2.27419