Penggunaan Algoritma K-Means Untuk Menganalisis Pelanggan Potensial Pada Dealer SPS Motor Honda Lombok Timur Nusa Tenggara Barat

Authors

  • Kurnia bin Yahya Universitas Hamzanwadi
  • Mr. Mahpuz Mahpuz Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jit.v2i2.1447

Keywords:

Kata kunci, K-Means, SPS Motor, Rapidminer

Abstract

Dilihat dari sisi konsumen, ada berbagai aspek yang mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu kendaraan bermotor. Hal ini karena masing-masing orang memiliki minat dan kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelompok umur dan profesi apa saja yang menjadi pelanggan potensial di SPS Motor Honda Lombok Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analitik deskriptif, dimana peneliti mengambil data-data penjualan sepeda motor dari SPS Motor Honda Lombok Timur, yang selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan software Rapidminer 5. Hasil analisis data tersebut selanjutnya dideskripsikan dengan detail mengenai kelompok pelanggan potensial. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa kelompok yang termasuk dalam pelanggan potensial dari SPS Motor Honda Lombok Timur adalah kelompok dengan kriteria umur berkisar 33-46 tahun  yang berprofesi sebagai wiraswasta dan petani, Hal ini disebabkan karena, pelanggan tersebut memiliki penghasilan dengan usia produktif. Sedangkan kelompok pelanggan yang tidak potensial ada 2 irisan yaitu yang pertama apabila kategori usia produktif tapi  tidak memiliki penghasilan dengan rentang umur 17-32 tahun dengan profesi pelajar dan wiraswasta. Kedua yaitu, apabila kategori usia tidak produktif dengan rentang usia 47-73 tahun dan tidak memiliki penghasilan dengan profesi  petani dan wiraswata.

DOI : 10.29408/jit.v2i2.1447

Author Biographies

Kurnia bin Yahya, Universitas Hamzanwadi

Fakultas Teknik

Mr. Mahpuz Mahpuz, Universitas Hamzanwadi

Fakultas Teknik

References

A. Mahaseptiviana.(2014).Analisis Dan Peran- cangan Sistem Informasi Penjualan Air Minum Pada CV.Air Putih. J. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 1–2.

F. Rahmawati and N. Merlina.(2018).Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori. Penelit. Ilmu Komputer, Syst. Embed. Log., vol. 6, no. 1, pp. 9–20.

N. Rohmawati.(2015).Implementasi Algoritma K-Means Dalam Pengklasteran Mahasiswa Pelamar Beasiswa.Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 1, no. 2, pp. 62–68.

Issn.(2018).Analisis Clustering Menggunakan Algoritma K-Means Terhadap Penjualan Produk Pada PT BATAMAS Niaga Jaya,†CBIS, vol. 06, no. 02, pp. 20–35.

M. K. Drs.Katen Lumbanbatu. (2013). Peran-cangan Sistem Informasi Penyebaran Penduduk Menggunakan PHP MY SQL Pada Kecamatan Binjai Selatan,†J. Kaputama, vol. 7, no. 1, pp. 19–24.

Downloads

Published

29-07-2019

How to Cite

Yahya, K. bin, & Mahpuz, M. M. (2019). Penggunaan Algoritma K-Means Untuk Menganalisis Pelanggan Potensial Pada Dealer SPS Motor Honda Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 2(2), 109–118. https://doi.org/10.29408/jit.v2i2.1447

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.