Penerapan Sistem Informasi Tracer Study untuk Mengetahui Tingkat Kontribusi Perguruan Tinggi dengan Kompetensi Lulusan ( Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi )

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/jit.v2i1.942

Keywords:

Perguruan Tinggi, Tracer Study, Alumni

Abstract

Perguruan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan IPTEK. Melihat fenomena seperti itu membuat banyak perguruan tinggi dari berbagai penjuru di indonesia berlomba untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan menawarkan program pendidikan yang memiliki kompetensi di dunia kerja. Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi merupakan salah satu Universitas Swasta yang bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Darul Nahdlaitain NW Pancor Lombok Timur Nusa Tenggara Barat yang dari awal berdiri berkomitmen untuk meningkatkan kualitas masyarakat dengan memberikan pilihan program pendidikan yang kompeten di bidangnya, yang tentunya dipersiapkan untuk dunia kerja. Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi telah memiliki lulusan yang tersebar di Nusa Tenggara Barat ataupun di kota-kota lain dengan berbagai bidang pekerjaan yang beragam. Jumlah pekerjaan yang beragam dan sulitnya mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi keahlian sehingga menjadi suatu permasalahan yang harus segera dipecahkan oleh para pimpinan Perguruan Tinggi. Oleh karena itu perlu dibangunnya sebuah sistem informasi yang dapat mengumpulkan data pengelola serta menyajikan data secara akurat dari para alumni yang ada. Maka dari itu peneliti berinisiatif melakukan suatu terobosan dengan melakukan penelitian yang berhubungan dengan kualitas kompetensi lulusan dengan kesesuaian lowongan pekerjaan yang ada saat ini. Tracer Study merupakan suatu bentuk penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah di perguruan tinggi. Tracer Study tidaklah terbatas pada Perguruan Tinggi saja, tetapi  lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia Pendidikan Tinggi dengan dunia kerja. Tracer study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan)

DOI : 10.29408/jit.v2i1.942

References

Novi Trisman Hadi, Triyanna Widyaningtyas dan M. Zainal Arifin “ Pengembangan tracer study berbasis web di Smk Islam Batuâ€. Universitas Negeri Malang : 2015.

Miftahul Khair, Indah Fitri Astuti dan Dyna Marisa Khairina “ Alumni Tracer System Berbasis Web (Studi Kasus Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam)â€. Universitas Mulawarman : 2016.

Sofiyanti Indriasari, S.Kom “Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Membantu. Kegiatan Tracer Study Program Diploma Institut Pertanian Bogorâ€. Jurnal Sains Terapan Edisi II Vol-2 (1) : 84 – 102 (2012).

Satzinger, John. Jackson, R. Burd, S. “Systems Analysis & Design In A Changing World†(Fifth Edition) : 2010.

Schomburg, H. Handbook for Graduate Tracer Study. Moenchebergstrasse Kassel, Germany: Wissenschaftliches Zentrum für Berufs- und Hochschulforschung, Universität Kassel : 2013.

Nugroho, Bunafit. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Penerbit GAYA MEDIA : 2009.

Novan, FN. “ Panduan Praktis Membuat WEB dengan PHP utk Pemulaâ€. Jakarta: Mediakita : 2007.

Pressman, Roger.S. Rekayasa Perangkat Lunak. Andi Yogyakarta.20016.

Sommerville Ian., Software Engineering 9th Editon.,Pearson 2011.

KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online - definisi kata,†Potensi. 2014.

L. Suharti and F. P. Laksono, “Studi Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana,†Proceeding Call Pap. PEKAN Ilm. DOSEN FEB – UKSW, no.Desember, pp. 231–248, 2012.

A.Kadir, “Pengenalan Sistem Informasi,†Am. Enterp. Inst. Public Policy Res., no. August, pp. 1–19, 2014.

Hanif Al Fatta, “analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing ... - Hanif Al Fatta, STMIK Amikom - Google Buku,†September , 2007.

S.Indriasari,“Sistem Informasi Berbasis Web untuk Membantu Kegiatan Tracer Study Program Diploma Institut Pertanian Bogor,†Sains Terap. Ed. II, vol. 2, no. 1, pp. 84–102, 2012.

Downloads

Published

29-01-2019

How to Cite

saiful, muhammad, Sudianto, A., & Hidayati, N. (2019). Penerapan Sistem Informasi Tracer Study untuk Mengetahui Tingkat Kontribusi Perguruan Tinggi dengan Kompetensi Lulusan ( Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi ). Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.29408/jit.v2i1.942

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.