Sistem Pendidikan Umum Pada Masa Orde Baru (1968-1998)
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v7i1.3253Keywords:
Sistem Pendidikan, Orde BaruAbstract
Pendidikan menjadi hal yang paling penting untuk memajukan sebuah bangsa baik dari segi pembangunannya maupun secara pemerintahannya. Orde baru sering disebut sebagai orde pembangunan atau masa pembangunan dikarenakan pada saat itu pembangunan yang merata di daerah - daerah indonesia baik itu dipelosok wilayah indonesia tidak hanya itu pertumbuhan ekonomi juga pada saat itu cukup tinggi dan stabilitas nasional yang sehat dan dinamis. Pendidikan pada masa orde baru terdiri dari pendidikan pancasila, pendidikan agama dan pendidikan kewarganegaraan. Kurikulum pada masa orde baru terdiri dari kurikulum 1968 berisi kelompok pembinaan pancasila, pengetahuan dasar dan kecakapan khusus, penekananya hanya dalam segi intelektual lalu ada kurikulum 1975 ditekankan agar lebih efektif dan efisien berdasarkan MBO (Management by objective) selanjutnya kurikulum 1984 berisi proccess skill approach model CBSA (cara belajar siswa aktif) atau SAL (Student Active Learning), kurikulum 1994 berisi muatan nasional dan muatan lokal. Jenis pendidikan pada masa orde baru terdiri atas pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan non formal. Jalur pendidikan pada masa orde baru terdapat jalur sekolah dan jalur luar sekolah. Jenjang pendidikan pada masa orde baru terdiri dari jenjang pra sekolah, jejang pendidikan dasar, jenjang pendidikan menengah dan jenjang pendidikan tinggi. Sistem pendidikan pada masa orde baru terdapat perubahan dari orde lama pada pelaksanaannya kegiatan kependidikan pada era ini difungsikan sebagai instrumen pembangunan ekonomi nasional, kebijakan pendidikan semuanya terpusat, pendidikan di selenggarakan dengan otorita kekuasaan administratif birokratis dan penyeragaman kurikulum juga diikuti dengan penyeragaman metode mengajar dan sistem evaluasi, yaitu Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA).
References
Abdullah, T. (2011). Indonesia dalam arus sejarah. Jakarta: Ichtiar baru van haove.
Alhakim, C. H. (1982). Ensiklopedi Politika. Surabaya: Usaha Nasional.
Ardela, F. (2019). pendidikan formal, informal dan non formal. Retrieved 01 11, 2021, from Finansialku web site: https://www.finansialku.om
Emilia, N. p. (2020). pendidikan orde baru : kebijakan pendidikan masa menteri fuad hassan (1985 - 1993). sarjana thesis , 03-04.
Fadli rijal, M. (2019). sejarah pendidikan indonesia pada masa orde lama. jurnal sejarah dan pembelajaran , 02-06.
Gegige. (2016). penddikan luar sekolah. Retrieved januari 11, 2021, from gegige blogspot: gegige.blogspot.om
Gunawan, B. p. (2013). kebijakan pendidikan. Retrieved januari 12, 2021, from mygugum wordpress: https://mygugum.woardpress.om
Hamlan. (2011). kajian sosio historis tentang politik kebijakan pendidikan islam di indonesia. Inspirasi , 01-02.
Hariansyah, E. (2019). pendidikan indonesia pada masa orde baru. Retrieved 01 11, 2021, from attoriolong: https://attriolong.om
Jailani, s. (2019). kilas balik kebijakan pendidikan islam indonesia pada masa orde baru. jurnal for religious - innovation student , 04-05.
Marlina. (2016). pengaruh zeitgeist terhadap muatan sejarah dibuku teks pelajaran SMA kurikulum 1975 - 2004. jurnal unnes , 04 - 06.
Muhtar, B. (t.t). Peranan Pendidikan Dalam Pembenntukan Budaya Politik Indonesia Dalam Quo vadis pendidikan indonesia. Yogyakarta: Kanisius.
Nizar, R. d. (2009). Filsafat Pendidikan : Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.
Pratama, C. d. (2020). Pers di era orde baru. Retrieved Desember 22, 2020, from kompas: www.kompas.com
Sistem Pendidikan Indonesia Pada Masa Orde Baru 1968 - 1999.[online]. (2011). Retrieved Oktober 19, 2011, from ranggambojoarea.blogspot: http://ranggambojoarea.blogspot.com/2011/06/sistem - pendidikan - indonesia - pada - masa.html
Suharto, E. (2005). Membangun masyarakyat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.
Susanto, S. d. (2019). Sejarah Pendidikan Indonesia (Era Pra Kolonialisme Nusantara Sampai Reformasi). Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Syaodih, N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yuningsih, H. (2015). kebijakan pendidikan islam pada masa orde baru. jurnal tarbiyah , 01 - 03.
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga penerbit kampus IAIN Palopo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License