Pembelajaran Flashback Berbasis Bahan Ajar Sejarah Lokal Untuk Membentuk Kesadaran Sejarah Siswa

Abdul Rasyad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi produk pendekatan pembelajaran flashback berbahan ajan sejarah lokal dapat menumbuhkembangkan kesadaran sejarah siswa SMA. Pada penelitian tahun ke-1 telah dihasilkan kebutuhan sekolah pada bahan ajar berbasis sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah dan bahan ajar yang memuat tentang pendekatan pembelajaran flashback berbasis bahan ajar sejarah lokal. Penelitian ini dilakukan di 3 (tiga) SMA di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana tahap dilakukan melalui tahapan yaitu; studi pendahuluan; pengembangan desain pendekatan pembelajaran dan bahan ajar, uji coba produk; dan diseminasi. Penelitian ini dilakuakan dengan model Penelitian Tindakan Kelas pada 3 (tiga) SMA di Kabupaten Lombok Timur. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dimana dalam melakukan analisis data merujuk pada komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran flashback berbasis bahan ajar sejarah lokal berada pada level baik.  Data aktivitas siswa menunjukkan 75% siswa aktif dalam pembelajaran dengan kategori baik dan dari 20 item data obeservasi yang dilakukan untuk guru menghasilkan 19 item telah dilaksanakan guru. Siswa memberikan respon yang variatif dimana analisis terhadap respon siswa menunjukkan 25% sangat setuju, 75% setuju. Data hasil kerja siswa menunjukkan bahwa terjadi peningkatan wawasan ilmu dan kesadaran sejarah serta kemampuan menjawab keterkaitan materi ajar dengan kehidupan nyata. Adapun guru memperlihatkan pemahaman baik terhadap keterkaitan antara bahan ajar dengan kemampuan menjelaskan materi dengan baik. Bahan ajar yang telah dikembangkan sangat menarik dan sangat relevan menambah wawasan guru dan siswa terutama dalam menumbuhkembangkan kesadaran sejarah siswa.


Keywords


Pembelajaran Flashback, Bahan Ajar, Sejarah Lokal, Kesadaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik. (Editor) (1996). Sejarah Lokal di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Erwin, Tuti Nuriah. (2008). “Pentingnya Pendekatan Flashback dalam Pembelajaran Sejarahâ€. Orasi Ilmiah. Pengukuhan Guru Besar Bidang Imu Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta.

Khazzaka, Joseph. (1997). “Comparing Two Approaches to Theaching World Historyâ€. Social Education, Journal of National Council for the Social Studies. Volume 61 Number 4, April/Mey 1997.

Musnir, Diana Nomida. (1999). “Arti Penting Kesadaran Sejarah Nasional bagi Warga Bangsa Indonesiaâ€. Orasi Ilmiah. Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta.

Rasyad, Abdul. (2009). “Pembelajaran Sejarah di SMA 91 Jakartaâ€. Thesis (Tidak Dipubilkasikan). Jakarta: Program Pascasarja Universitas Negeri Jakarta.

Sanjaya, Winna. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grouf.

Soedjana, (1986). Metode Statistik, Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Putra, Nusa. (2011). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widja, I Gde. (1994). Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.




DOI: https://doi.org/10.29408/jhm.v5i2.3261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is Indexed by

      

 

View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.