Pendidikan Agama Sebagai Branding di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v6i2.3273Keywords:
Pendidikan, Branding, Media Sosial, Program TahfizhAbstract
Pendidikan agama adalah salah satu kebutuhan spiritual masyarakat. Di era kemajuan teknologi dan sains yang begitu pesat. Pendidikan agama tidak bisa ditinggalkan masyarakat karena dengan agama masyarakat akan menjadi bermoral dalam hidup. Kemajuan suatu bangsa dan Negara dilihat dari sistem pendidikan, kemajuan pendidikan barat sudah sangat jauh meninggalkan pendidikan keagamaan di Indonesia, para modernis membuat suatu pendidikan model baru mendapat sambutan positif. Modernisasi pendidikan Islam menjadi Branding di tengah kalangan masyarakat Indonesia, Branding yang ditawarkan adalah program unggulan seperti tahfizh al-Qur’an yang dipromosikan di media sosial (faceebook).
References
Al Anang, A. (2019). Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan dalam Islam. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 3(2), 98-108.
Erwanto, E. (2019). Penerapan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(1).
Fachrudin, Y. (2017). Pembinaan Tahfizh Al-Quran di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 325-348.
Hariyati, Farida, and Dini Wahdiyati. (2019.) "Penguatan Dakwah Virtual sebagai Upaya Memakmurkan Masjid Berbasis kegiatan Remaja Masjid." Jurnal Solma 8(2), 239-247.
Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63-81.
Isa, Abdul Qodir. (2005). Hakekat Tasawuf, Penerjemah Khairul Harahap dan Afrizal Lubis, Jakarta: Qisthi Press.
Khusniyah, Anisa Ida. (2014). Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Muraja’ah Studi Kasus Di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash Karangrejo Tulungagung, Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah IAIN Tulungagung.
Lukmana, Lukmana (2019) Strategi Pengelolaan Media Sosial dalam Pengembangan Dakwah di Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin. Skripsi. Banjarmasin: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari.
Multazam, Ahmad. 2013. Pendekatan Sejarah dalam Memahami Agama. https://multazam-einstein.blogspot.co.id/2013/12/pendekatan-sejarah-dalam-memahami-agama.html. Diakses tanggal 6 November 2020.
Mundiri, A. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membangun Branding Image. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(2).
Mundiri, A. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membangun Branding Image. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(2).
Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, 13(2), 79-87.
Sakho, Muhammad Ahsin. t.t. Kiat-Kiat Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Badan Koordinasi TKQTPQ-TQA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, S. (2014). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terpadu di Sma-It Darul Hikam Bandung. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 12(1).
Suyatno, 2013. Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi, dan Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam 2(2), 355-377.
Wahyuni, (2018). Agama & pembentukan Struktur Sosial Pertautan Agama, Budaya, dan Tradisi Sosial, Jakarta: Prendamedia.
Zeid, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License