Kolaborasi Majalah dan Teka-Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Sejarah (Manis)

Martin Rizaldi, Didit Ditya Fritambiradi, Erlangga Bagus Febrianto, Lailatul Abid Fadillah

Abstract


Permasalahan yang sering dihadapi guru sejarah dari dulu hingga sekarang ialah minat belajar peserta didik yang kurang dan cepat merasa bosan. Siswa cenderung lebih pasif karena merasa cara pembelajaran yang dilakukan kurang begitu menarik. Beberapa metode pembelajaran telah dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan tersebut namun sering kali peserta didik masih kurang bersemangat. Artikel ini bertujuan membahas lebih dalam mengenai pemanfaatan majalah dan teka teki silang yang diharapkan dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik khususnya pembelajaran sejarah. Artikel ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka dan pengumpulan data menggunakan angket. Dalam artikel ini peneliti menawarkan solusi menghadapi permasalahan tersebut dengan menggunakan media pembelajaran pemanfaatan majalah serta evaluasi menggunakan teka teki silang online.


Keywords


Majalah; Pembelajaran Sejarah; Teka-Teki Silang

Full Text:

PDF

References


Andrian D. Hagijanto. (1999). White Space Dalam Iklan Di Media Cetak. Nirmana, 1(2), 60–70. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16042

Hasian, I. (n.d.). Analisis Perkembangan Elemen Desain Cover Majalah Gogirl !

Imron, A. I. (2019). Game Online Teka-Teki Silang dengan Software Hot Potatoes 6 untuk Mendukung Pembelajaran Ilmu Hadis. Jurnal Living Hadis, 4(1), 159. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2019.1777

M.Pd, S. M., & Kurniawan, D. T. (2017). Implementsi Pemanfaatan Media Teka Teki Silang (TTS) Online Dalam Matakuliah Neurosains Untuk Mahasiswa Calon Guru Raudhatul Athfal (RA). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 124. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1487

Memenuhi, U., Persyaratan, S., & Derajat, M. (2012). Perpustakaan.Uns.Ac.Id Digilib.Uns.Ac.Id.

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.

Somad, P., & Andipurnama, G. (2012). Pembelajaran Program Aplikasi Corel Draw X4 dalam Meningkatkan Keterampilan Desain Gratis Poster Siswa Tunarungu. Jassi Anakku, 11(1), 48–57.




DOI: https://doi.org/10.29408/jhm.v6i2.3324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is Indexed by

      

 

View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.