Implementasi Pemikiran RA. Kartini dalam Pendidikan Perempuan Pada Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3342Keywords:
Pemikiran, R.A Kartini, Pendidikan Perempuan, GlobalisasiAbstract
Artikel ini bertujuan menjelaskan informasi tentang pemikiran RA. Kartini dapat mengubah pendidikan perempuan dari masa penjajahan hingga masa kini. Menjelaskan arah pemikiran, dan berbagai ancaman serta hambatan dalam implementasiannya. Membahas pengaruh yang diberikan untuk kemajuan pendidikan wanita pada masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka. Data-data diperoleh dari internet, e-book, laporan penelitian terdahulu, jurnal, makalah, artikel, ensiklopedia, buku panduan atau penunjang dan sumber-sumber dari berbagai dokumen atau referensi tentang topik yang telah diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada era globalisasi sekarang ini, konsep pendidikan RA. Kartini masih relevan dan terbukti dapat dirasakan oleh perempuan pada zaman sekarang ini. Perempuan bisa bersekolah dan mencapai pendidikan setinggi-tingginya.References
Holleman, F. D. (1971). Kedudukan Hukum Wanita Indonesia dan Perkembanganya di Hindia Belanda (Terjemahan Soegarda Poerbakawatja dan Mastini H. Prakoso). Jakarta: Bhratara.
Khamdiyah, H. (2016). Pemikiran emansipasi wanita dan pendidikan RA Kartini dalam buku habis gelap terbitlah terang karya Armin Pane dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam (Doctoral dissertation, STAIN Ponorogo).
Khawari, Nurul. (2012). Kartini dan Perempuan Muda Indonesia. http://www.komnasperempuan.go.id/tafsir-perempuan-untuk-kartini/dalamGatra. Diakses 11 Oktober 2016.
Mulyani, E. (2017). Kesetaraan Gender Dalam Tulisan RA Kartini Perspektif Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Muthoifin, M., Ali, M., & Wachidah, N. (2017). Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 36–47.
Sasroatmojo, Suryanto. (2005). Tragedi Kartini, Yogyakarta: Penerbit Narasi.
Sudrajat. (2007). Kartini: Perjuangan dan Pemikirannya. MOZAIK: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 1-14.
Suparno, Suhaenah. (2001). Wanita dan Pendidikan, Khusus di Indonesia, Yogyakarta: Sunan Kalijaga Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License