Pendidikan Pada Masa Tanam Paksa dan Politik Liberal Belanda di Indonesia

Authors

  • Maya Marisa Universitas Sriwijaya
  • Hudaidah Hudaidah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3380

Keywords:

Pendidikan Indonesia, Tanam Paksa, Politik Liberal

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui latar belakang pelaksanaan pendidikan Indonesia pada masa tanam paksa sampai politik liberal di Indonesia dan memahami berbagai macam perkembangan dan pelaksanaan pendidikan Indonesia di pada masa itu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah melalui tahapan heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa munculnya pembelajaran dengan pendidikan modern yang menumbuhkan sikap nasionalisme serta menghasilkan kebutuhan tenaga terampil di Indonesia. Dengan demikian, perkembangan dan pelaksanaan pendidikan Indonesia pada masa tanam paksa dan politik liberal Belanda di Indonesia mendorong munculnya beberapa tokoh kebangkitan nasional yang memiliki pemikiran luas dan mau membela rakyat Indonesia untuk merdeka. Hal ini menjadi titik awal perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan

References

A, Daliman. 2012. Sejarah Indonesia Abad XIX-Awal abad XX. Yogyakarta: Ombak.

Brugmans, I.J. 1938. Geschiedenis van het onderwijs in Nederlandsch-Indië. Groningen: J.B. Wolters.

Djumhur dan Danasuparta. 1974. Sejarah Pendidikan. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Frankema, Ewout H.P. 2014. Why was the Dutch legacy so poor? Educational Development in the Netherlands Indies, 1871-1942. CGEH Working Paper Series No. 54. Utrecht, Netherlands: Centre for Global Economic History Universiteit Utrecht.

Furnivall, John Sydenham. 1943. Educational Progress in Southeast Asia. New York: Institute of Pacific Relations.

Gunawan, Ary H. 1985. Kebijakan-kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Jusuf, Iskandar. 2012. Dari Tiong Hoa Hwe Koan 1900 sampai Sekolah Terpadu Pahoa 2008. Tangerang Selatan: Sekolah Terpadu Pahoa.

Kartodirdjo, Sartono. 2014b. Pengantar Sejarah Indonesia Baru 1900-1942: Sejarah Pergerakan Nasional dari Kolonialisme sampai Nasionalisme. Jilid 2. Yogyakarta: Ombak.

Kusmayadi Yadi. 2017. Sejarah Perkembangan Pendidikan di Priangan 1900-1942. (Online)(https://jurnal.unigal.ac.id/ind ex.php/artefak/article/view/908).

Nasution S. 2016. Strategi Pendidikan Belanda Pada Masa Kolonial di Indonesia. (Online)(http://www.jurnal.uinsu.ac.id/ index.php/ihya/article/view/431/333). Diakses pada 11 November 2019 pukul 19.00 WIB.

Nasution. 1987. Sejarah Pendidikan Indonesia. Bandung: Jemmars.

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Diakses pada 11 November 2019 pukul 18.00 WIB.

Penders, Christiaan Lambert Maria. 1968. Colonial Education Policy and Practice in Indonesia: 1900-1942. Thesis Ph.D. unpublished. Canberra: Department of Pacific History, The Australian National University.

Rifa’i, Muhammad. 2011. Sejarah Pendidikan Nasional: Dari Masa Klasik hingga Modern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

S. Kutoyo dan Sri Soetjiatingsih. 1981. Sejarah Nasional Indonesia (jilid V). Jakarta: Pt.Grafitas.

Salim, Agus dkk. 2007. Indonesia Belajarlah!: Membangun Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sukardjo & Ukim Komarudin. 2009. Landasan Kependidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sumarno, R.N. Bayu Aji, & Eko Satriya Hermawan. 2019. Ethical Politics and Educated Elites in Indonesian National Movement. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol. 383: 369- 373.

Suratminto, Lilie. 2013. Educational Policy in The Colonial Era. Historia: International Journal of History Education, Vol. XIV, No. 1 (June 2013): 77-84.

Suryadinata, Leo. 1972. Indonesian Chinese Education: Past and Present. Indonesia, Vol. 14 (October 1972), pp. 49-71. Ithaca, New York, USA: Cornell University Press.

Zainu'ddin, Ailsa. 1970. Education in the Netherlands East Indies and the Republic of Indonesia. Melbourne Studies in Education, 12 (1) (January 1970): pp. 17-82.

Zed, Mestika 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Marisa, M., & Hudaidah, H. (2021). Pendidikan Pada Masa Tanam Paksa dan Politik Liberal Belanda di Indonesia. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 7(2), 81–92. https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3380