Perwujudan Pendidikan Karakter pada Era Kontemporer Berdasarkan Perspektif Ki Hajar Dewantara
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3393Keywords:
Pendidikan Karakter, Kontemporer, Ki Hajar DewantaraAbstract
Pendidikan tentunya merupakan salah satu komponen penting yang sangat berpengaruh bagi Indonesia, karena pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia. Adanya pendidikan di Indonesia tidak lain untuk menciptakan generasi penerus yang berkarakter mulia serta memiliki kualitas. Dalam mewujudkan generasi yang diharapkan ini salah satunya adalah dengan pendidikan karakter. Nilai-nilai kepribadian yang baik dapat dituangkan kepada peserta didik melalui pendidikan karakter ini. Nilai-nilai kepribadian yang harus diwujudkan oleh pendidikan karakter tersebut meliputi jujur, sopan santun, cerdas dan berjiwa kepemimpinan. Salah satu tokoh pendidikan terkenal di Indonesia, Ki Hajar Dewantara mempunyai pemikiran-pemikiran yang sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Banyak kontribusi yang beliau berikan untuk memajukan pendidikan, termasuk pendidikan karakter di Indonesia. Pada artikel ini membahas pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara tersebut yang dapat diterapkan pada pendidikan karakter era kontemporer atau era digital saat ini. Pembuatan artikel ini didasari oleh hasil studi dengan cara mengumpulkan sumber referensi dan menganalisa berbagai sumber referensi berdasarkan metoda atau pendekatan literatur dari berbagai sumber, untuk menjaga keakuratan data dan hasil yang baik.References
Adisusilo, S. (2014). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Adpriyadi, A. (2018). Pendidikan karakter anak usia dini perspektif Ki Hajar Dewantara. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 34-40.
Asmani, Jamal Ma'mur. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Dewantara, Ki Hadjar. (2004). Pendidikan, Cetakan ke-3. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Doni Koesuma A, (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Elmubarok, Zaim. (2007). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung : Alfabeta.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Lickona, Thomas, (1991). Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books.
Majid, Abdul. (2010). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mestoko, Sumarsono, dkk. (1986). Pendidikan di Indonesia dari Jaman ke Jaman, Cetakan ke-2. Jakarta: Balai Pustaka.
Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. (1992), Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru, (Penerjemah Tjetjep Rohendi), Jakarta: UI Press.
Muin, Fathul. (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: Ar Ruzz.
Munir, Abdullah. (2010). Pendidikan Karakter. Yoggyakarta: Pedagogia.
Muslich, Masnur (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.
Prayitno dan Manullang, Belferik. (2011). Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: Grasindo.
Purwadarminta, W.J.S., (1999). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Cetakan ke-6. Jakarta: Balai Pustaka.
Subekhan, S., & Annisa, S. N. (2018). Eksistensi Keteladanan Pendidikan Karakter dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 34-45.
Suseno, Franz Magnis. (1997). Etika Dasar: Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.
Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192-204.
Suyanto, (2000). Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Millennium Ketiga, Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.
Utami, P. N. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga.
Yamin, Moh. (2008). Menggugat Pendidikan Indonesia “Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hadjar Dewantara. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zuriah, Nurul. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Persefektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License