Optimalisasi Guru Menggunakan Quiz Creator dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa di MTs. Sepit Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v5i1.3704Keywords:
Guru, Quiz Creator, Siswa, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal yang mengarah kepada penggunaan media pembelajaran wondershare quiz creator, yaitu optimalisasi guru dalam proses pembelajaran, dan minat belajar IPS bagi siswa kelas VIIIb MTs. Al-amin NW Sepit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan model analisis data Milles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum guru di MTs Al-amin NW Sepit tidak pernah menggunakan media pembelajaran IT dan khususnya bagi guru mata pelajaran IPS terpadu kelas VIIIb, Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor: (a) guru mata pelajaran IPS terpadu tidak mengenal media pembelajaran IT dalam hal ini wondershare quiz creator, (b) tidak adanya sarana yang menunjang pembelajaran menggunakan media pembelajaran IT seperti LCD, (c) keterbatasan informasi bagi guru dalam hal pengembagan media berbasis IT, dan (d) guru tidak pernah mengikuti pelatihan media pembelajaran. Hadirnya media pembelajaran wondershare quiz creator memberikan dampak yang positif terhadap proses pembelajaran baik itu yang dirasakan oleh guru maupun siswa. Bagi guru penggunaan media wondershare quiz creator dirasakan sangat bermanfaat, karena selama proses mengajar menggunakan media pembelajaran wondershare quiz creator guru dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Bagi siswa sendiri penggunaan media pembelajaran wondershare quiz creator dalam proses belajar dirasakan mampu meningkatkan minat belajar.
References
Daryanto, (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fuad, A., & Abdullah, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Software Wondershare Quiz Creator dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 2(1).
Nugroho, S. A. (2015). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Wondershare Quiz Creator Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 2 Pacarmulyo, Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang).
Rolisca, R. U. C., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2).
Saraswati, D. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator Untuk Meningkatan Daya Tarik dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Jember: Universitas Jember.
Soetjipto. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodiah. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wawancara, Abdul Aziz, 24 November 2015.
Wawancara, L. M. Adnan, 10 November 2015
Wawancara, Mira Cahayani, 24 November 2015.
Wawancara, Muh. Irfan Saprianto, 24 November 2015.
Wawancara, Safarudin, 18 November 2015.
Wawancara, Sapinatunnajah, 24 November 2015.
Wawancara, Sopian Hadi, 24 November 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License