Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MA NW Dames Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v5i2.3707Keywords:
Bahan Ajar, Pembelajaran Kooperatif, Course Review Horay, Hasil BelajarAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model pembelajaran kooperatif tipe course review horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MA NW Dames. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan lima prosedur penelitian yaitu; (1) pendahuluan, (2) pengembangan produk awal, (3) uji produk awal, (4) finalisasi produk akhir, dan (5) uji produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan bahan ajar ekonomi kelas X (sepuluh) yang dikembangkan dengan berbasis model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Hal ini berarti bahwa hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar tidak sama. Jadi dapat dikatakan terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Dilihat dari respon guru memiliki nilai persentase rata-rata 92%, respon siswa memiliki nilai persentase rata -rata 90%, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan paket bahan bahan ajar ekonomi berbasis model pembelajaran kooperatif tipe course review horay ini memperoleh nilai rata-rata 89,58 sehingga dapat dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di MA NW Dames.
References
Borg dan Gall. (2003). Educational Research an Introduction, Seventh Editions. United State of America: University of Oregon.
Budianto, Krisno Agus Moch. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiah Malang.
Dewi, A. I. D. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1-9.
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. (2013). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Istarani dan Ridwan, M. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV Media Persada.
Kusumahati, M. (2014). Keefektifan Model Course Review Horay Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS. Journal of Elementary Education, 3(2), 1-6.
Laksana, T. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas IX C SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 12-24.
Lapatta, J., Nuryanti, S., & Kendek, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Course Review Horay Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Sintuwu. Jurnal Kreatif Online, 7(3).
Mahanani, E. P., Suhito, S., & Mashuri, M. (2013). Keefektifan model course review horay berbantuan powerpoint pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3).
Setyaningsih, S. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bentuk Pasar Dengan Metode Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Gambar Kelas VIII SMP N 1 Bulu Kabupaten Sukoharjo. Economic Education Analysis Journal, 2(3).
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian & Pengembangan Reseach and Development. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yunitasari, Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay (Crh) Bebantuan Media Prezi Terhadap Hasil Belajar Di Smpn 34 Bandar Lampung, Skripsi, Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License