Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA NW Suralaga Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v5i2.3715Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Tipe CIRC, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar buku model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA NW Suralaga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanngan dengan lima prosedur penelitian yaitu, pendahuluan, pengembangan produk awal, uji produk awal, uji produk akhir, dan produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan bahan ajar model pembelajaran kooperatif kelas X (sepuluh) yang dikembangkan dengan teknik CIRC. Hal ini berarti bahwa hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar tidak sama. Jadi dapat dikatakan terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan paket pembelajaran. Dilihat dari respon guru memiliki nilai persentase rata-rata 94,2%, respon siswa memiliki nilai persentase rata-rata 93,2%, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan paket bahan ajar model pembelajaran kooperatif ini memperoleh nilai rata-rata 84,1% sehingga dapat dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SMA NW Suralaga Kabupaten Lombok Timur.
References
Ariyandika, N., Rohana, R., & Jayanti, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 22 Palembang. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 40-51.
Borg dan Gall. (2003). Educational Research an Introduction, Seventh Editions. United State of America: University of Oregon.
Gustariani, G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Pokok Bahasan Gejala Dan Ciri Ciri Gelombang Siswa Kelas XII Sman 9 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), 79-84.
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ibrahim, Muhsin, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Ipuh, M. T. N. (2015). The effects of using CIRC model on the English learning skills among junior high school students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9(2), 117-124.
Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Konseptual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
Parinu, K. L. W., Darmawiguna, I. G. M., & Wahyuni, D. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII (Studi Kasus: SMP Negeri 4 Singaraja) Tahun Ajaran 2012/2013. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 2(6), 731-735.
Purnamasari, Wilis Indah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Dalam Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN Blimbing Dan Kalirong. Jurnal Simki Pedagogia, 1(1), 1-11.
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana. N. (2009). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License