Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA NW Suralaga Lombok Timur

Authors

  • Sri Isnaini Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jhm.v5i2.3715

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Tipe CIRC, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar buku model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA NW Suralaga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanngan dengan lima prosedur penelitian yaitu, pendahuluan, pengembangan produk awal, uji produk awal, uji produk akhir, dan produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar setelah  menggunakan bahan ajar model pembelajaran kooperatif kelas X (sepuluh) yang dikembangkan dengan teknik CIRC. Hal ini berarti bahwa hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan  bahan ajar tidak   sama.  Jadi  dapat  dikatakan  terdapat perbedaan  yang   cukup signifikan  antara  hasil  belajar  siswa  sebelum  dan  sesudah menggunakan paket pembelajaran. Dilihat dari respon guru memiliki nilai persentase rata-rata 94,2%, respon siswa memiliki nilai persentase rata-rata 93,2%, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan paket bahan ajar model pembelajaran kooperatif  ini memperoleh nilai rata-rata 84,1% sehingga dapat dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran  di SMA NW Suralaga Kabupaten Lombok Timur.

References

Ariyandika, N., Rohana, R., & Jayanti, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 22 Palembang. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 40-51.

Borg dan Gall. (2003). Educational Research an Introduction, Seventh Editions. United State of America: University of Oregon.

Gustariani, G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Pokok Bahasan Gejala Dan Ciri Ciri Gelombang Siswa Kelas XII Sman 9 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), 79-84.

Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ibrahim, Muhsin, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Ipuh, M. T. N. (2015). The effects of using CIRC model on the English learning skills among junior high school students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9(2), 117-124.

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Konseptual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Parinu, K. L. W., Darmawiguna, I. G. M., & Wahyuni, D. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII (Studi Kasus: SMP Negeri 4 Singaraja) Tahun Ajaran 2012/2013. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 2(6), 731-735.

Purnamasari, Wilis Indah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Dalam Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN Blimbing Dan Kalirong. Jurnal Simki Pedagogia, 1(1), 1-11.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. N. (2009). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Downloads

Published

2019-06-30