Peran Ganda Suami Setelah Istri Menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) dalam Keluarga: Studi Kasus di Kalijaga Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v5i2.3725Keywords:
Peran Ganda, Suami, Tenaga Kerja WanitaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang perempuan menjadi TKW, untuk mengetahui peran ganda suami yang ditinggal istri pergi ke luar negeri, dan untuk mengetahui kehidupan sosial ekonomi keluarga perempuan yang pergi keluar negeri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitian menunjukkan bahwa keputusan seorang istri menjadi seorang TKW memberikan dampak bagi seorang suami baik dari segi status maupun fungsi, serta perannya dalam keluarga. Beban pekerjaan yang ditanggung semakin bertambah berat terutama dalam mengurus pekerjaan rumah tangga dan mengurus kebutuhan anak, hal ini disebabkan karena suami hanya fokus bekerja mencari nafkah di luar rumah sedangkan untuk urusan pekerjaan rumah tangga dan mengurus kebutuhan biasanya dilakukan oleh istri. Adapun efek peran ganda suami adalah kurangnya waktu luang bersama anak dan masyarakat dalam melakukan kegiatan sosial masyarakat.
References
Michael Huberman, dan mathew B. Miles. 1992. Analisisis data kualitatif (Terjemahan Tjejep Rohidi). Jakarta: UI Press.
Al-Barry M Dahlan dan A Partanto Pius. 1994.Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Blumer,
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang TuadanAnak dalam Keluarga Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh H., AA Suryana, dan Fenny Fatriany. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter.Bandung: Refika Aditama.
Goode, Wiilam J. 2004. Sosiologi keluarga. Jakarta: Bumi Aksara.
Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Lestari, Dwi Yuni. 2013. Pembinaan Karakter Siswa di SMP Nasional Pati. Jurnal
Ilmiah PPKN IKIP Veteran Semarang. Vol. 1. No. 2. hal.51-64.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhdar, H. M. 2013. Pendidikan Karakter Menuju SDM Paripurna. Jurnal Al-Ulum. Vol. 13. No. 1. hal. 103-128.
Mundiri, Akmal. 2012. Pendidikan Teknohumanistik Berbasis Core Ethical Values. Jurnal At-Tajdid. Vol. 1. No. 1. hal. 37-47.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran.Yogyakarta: Familia.
Nurihsan, Achmad Juntika. 2009. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.
Salim, Agus. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Semarang: PT. Tiara Wacana Yogya.
Sosan, Isna. 2010. Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Yang Bekerja Sebagai Tukang Amplas Kerajinan Ukir Kayu. Jurnal Komunitas. Vol. 2. No. 2. hal. 94-105.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License