Dampak Keberadaan Pondok Pesantren Terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat: Studi Kasus di Pondok Pesantren Ulil Al Baab NW Gegek Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v6i1.3751Keywords:
Pondok Pesantren, Ulil Al-Baab, Perekonomian, MasyarakatAbstract
Peneleitian ini bertujuan untuk mengetahui Sejarah dan perkembangan pondok pesantren Ulil Al Baab NW Gegek, keadaan masyarakat sekitar sebelum dan sesudah adanya pondok pesantren Ulil Al Baab NW Gegek dan dampak pondok pesantren Ulil Al Baab NW Gegek terhadap perkembangan perekonomian masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah mengunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pondok pesantren Ulil Al Baab NW Gegek merupaan pondok pesantren yang berada didusun Gegek Desa Perian Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Pondok pesantren ini adalah lembaga pendidikan, sosial dan dakwah dibawah naungan salah satu organisasi terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Organissi Nahdatul Wathan. Pondok pesantren ini didirikan oleh TGH. Lalu Suparlan Ahmad pada tahun 1993 di dusun Gegek. Adapun keadaan masyarakat sebelum adaya pondok pesantren yaitu kurang memahami tentang keagamaan, dan dampak pondok pesantren terhadap sosial masyarakat adalah terciptanya budaya baru di dalam masyarakat yaitu, budaya salam. Dalam masalah perekonomian dampak pondok pesantren Ulil Al-Baab adalah terciptanya lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat walaupun itu bersifat peribadi.dengan adanya lapangan kerja baru itu bisa membatu masyarakat untuk melengkapi kebutuhannya dan membantu meringankan permasalahan yang ada di masyarakat di dalam bidang perekonomian.
References
AB Yass dan Marzuki (2004) Metodologi Sejarah dan Historiografi. Palembang: Diktat. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.
Aidi, Junial (2012) Kota Santri kota Kajian Sosiologi Sebuah Kota di LombokTimur. Yogyakarta: Pintal
Alfian, Ibrahim (1985) Sejarah dan Perkembangan Masa Kini. Jogjakarta: UGM Press.
Azizy, Qodri (2004) Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa Visi Misi dan Aksi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Baharudin, (2016) Sosiologi Pendidikan. Mataram: Perum Puri Bunga Amanah.
Fizal, Henry (2011). Ekonomi Manajerial. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Hasbullan, Muhammad (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta PT Raja Grafindo Persada
Iqbal (2006) Dasar-dasar Pendidikan IPS Suatu Pendekatan Teoretis dan Praktis.Yogyakarta: Ombak.
Juahaya (2013) Filsapat Sosial Budaya di Dunia Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kutha, Nyoman (2016) Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Madjid, M. Dien dan Johan Wahyudi. 2014. Ilmu sejarah: Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.
Muhakamurroman, Ahmad (2014) Pesantren: Santri, Kiai dan Tradisi. Jurnal Kebudayaan islam (Vol.12,No.2, Juli-Desember 2014) diakses di http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id. Tanggal 23 Agustus 2019 pukul 08:00 am.
Muwaddin, Tadbir, 2017. Peran Pondok Pesantren (Ponpes)M odern DalamPemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Volume 01, Nomor 02. Oktober 2017) http://ejournal.undar.ac.id. Agustus 24 2019.
Noor Habib dan Zuhdi Harfin. (2014) Visi Kebangsaan Religius. Jakarta Timur: Pondok Pesantren Nahdatul Wathan Jakarta.
Rifa’i Muhammad. 2011.â€Sejarah Pendidikan Nasiona Dari Masa Klasik Hingga Modern†Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Rintuh Cornelis dan Miar (2009) Kelembagaan dan Ekonomi Rakyat. Yogyakarta: BPFE
Salkind, J. Neil. (2009). Teori-teori Perkembangan Manusia. Bandung: Nusa Media
Sjamsuddin, Heleus (2007) Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Sulthon dan Khusnurdilo (2008) Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
Sutrisno, Edy (2010) Budaya Organisasi. Jakarta: Prenada Media Grup.
Wahidah, Evita Yuliatul (2015) Studi Implementasi Tradisional Pendidikan di Pondok Pesantren. MUADDIB (Vol.5, No. 2, Juli- Desember 2015) diakses di http://journal.umpo.ac.id. Tanggal 24 Agustus 2019.
Wibowo (2006) Manajemen Perubahan Edisi Ketiga. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Yunda, Aris (2018) Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Musatabihul Ulum Desa Dawung Kecamatan Ringinerjo Kabupaten kediri. Simki pedagogia (Volume 02, Nomor 02. 2018) diakses https://simki.unpkediri.ac.id. Tanggal 24 Agustus 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License