Dampak Keberadaan Pondok Pesantren Terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat: Studi Kasus di Pondok Pesantren Ulil Al Baab NW Gegek Lombok Timur

Authors

  • Umiatul Fitriana Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jhm.v6i1.3751

Keywords:

Pondok Pesantren, Ulil Al-Baab, Perekonomian, Masyarakat

Abstract

Peneleitian ini bertujuan untuk mengetahui Sejarah dan perkembangan pondok pesantren Ulil Al Baab NW Gegek, keadaan masyarakat sekitar sebelum dan sesudah adanya pondok pesantren Ulil Al Baab NW Gegek dan dampak pondok pesantren Ulil Al Baab NW Gegek terhadap perkembangan perekonomian masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah mengunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pondok pesantren Ulil Al Baab NW Gegek merupaan pondok pesantren yang berada didusun Gegek Desa Perian Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Pondok pesantren ini adalah lembaga pendidikan, sosial dan dakwah dibawah naungan salah satu organisasi terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Organissi Nahdatul Wathan. Pondok pesantren ini didirikan oleh TGH. Lalu Suparlan Ahmad pada tahun 1993 di dusun Gegek. Adapun keadaan masyarakat sebelum adaya pondok pesantren yaitu kurang memahami tentang keagamaan, dan dampak pondok pesantren terhadap sosial masyarakat adalah terciptanya budaya baru di dalam masyarakat yaitu, budaya salam. Dalam masalah perekonomian dampak pondok pesantren Ulil Al-Baab adalah terciptanya lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat walaupun itu bersifat peribadi.dengan adanya lapangan kerja baru itu bisa membatu masyarakat untuk melengkapi kebutuhannya dan membantu meringankan permasalahan yang ada di masyarakat di dalam bidang perekonomian.

 

References

AB Yass dan Marzuki (2004) Metodologi Sejarah dan Historiografi. Palembang: Diktat. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

Aidi, Junial (2012) Kota Santri kota Kajian Sosiologi Sebuah Kota di LombokTimur. Yogyakarta: Pintal

Alfian, Ibrahim (1985) Sejarah dan Perkembangan Masa Kini. Jogjakarta: UGM Press.

Azizy, Qodri (2004) Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa Visi Misi dan Aksi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Baharudin, (2016) Sosiologi Pendidikan. Mataram: Perum Puri Bunga Amanah.

Fizal, Henry (2011). Ekonomi Manajerial. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Hasbullan, Muhammad (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta PT Raja Grafindo Persada

Iqbal (2006) Dasar-dasar Pendidikan IPS Suatu Pendekatan Teoretis dan Praktis.Yogyakarta: Ombak.

Juahaya (2013) Filsapat Sosial Budaya di Dunia Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kutha, Nyoman (2016) Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Madjid, M. Dien dan Johan Wahyudi. 2014. Ilmu sejarah: Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.

Muhakamurroman, Ahmad (2014) Pesantren: Santri, Kiai dan Tradisi. Jurnal Kebudayaan islam (Vol.12,No.2, Juli-Desember 2014) diakses di http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id. Tanggal 23 Agustus 2019 pukul 08:00 am.

Muwaddin, Tadbir, 2017. Peran Pondok Pesantren (Ponpes)M odern DalamPemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Volume 01, Nomor 02. Oktober 2017) http://ejournal.undar.ac.id. Agustus 24 2019.

Noor Habib dan Zuhdi Harfin. (2014) Visi Kebangsaan Religius. Jakarta Timur: Pondok Pesantren Nahdatul Wathan Jakarta.

Rifa’i Muhammad. 2011.â€Sejarah Pendidikan Nasiona Dari Masa Klasik Hingga Modern†Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Rintuh Cornelis dan Miar (2009) Kelembagaan dan Ekonomi Rakyat. Yogyakarta: BPFE

Salkind, J. Neil. (2009). Teori-teori Perkembangan Manusia. Bandung: Nusa Media

Sjamsuddin, Heleus (2007) Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Sulthon dan Khusnurdilo (2008) Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Sutrisno, Edy (2010) Budaya Organisasi. Jakarta: Prenada Media Grup.

Wahidah, Evita Yuliatul (2015) Studi Implementasi Tradisional Pendidikan di Pondok Pesantren. MUADDIB (Vol.5, No. 2, Juli- Desember 2015) diakses di http://journal.umpo.ac.id. Tanggal 24 Agustus 2019.

Wibowo (2006) Manajemen Perubahan Edisi Ketiga. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Yunda, Aris (2018) Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Musatabihul Ulum Desa Dawung Kecamatan Ringinerjo Kabupaten kediri. Simki pedagogia (Volume 02, Nomor 02. 2018) diakses https://simki.unpkediri.ac.id. Tanggal 24 Agustus 2019

Downloads

Published

2019-12-30