Eksistensi Pendidikan Pesantren di Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v8i1.4502Keywords:
Eksistensi, Pendidikan, Pesantren, PalembangAbstract
Pendidikan pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang keberadannya itu telah ada cukup lama di wilayah Indonesia, tentunya sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berbasis agama islam. Maka sudah seharusnya pesantren masih dapat tetap eksis dalam ruang lingkup pendidikan di Indonesia hingga saat ini, karena mayoritas masyarakat Indonesia yang menganut atau memeluk agama islam. Kemudian bicara mengenai pesantren tentunya tidak terlepas dari proses islamisasi yang terjadi, pesantren yang awal mulanya digunakan sebagai media dalam berdakwah dan menyebarkan syiar-syiar agama islam lambat laun menjadi sarana untuk pendalaman ilmu agama. Bahkan pesantren menjadi salah satu lembaga yang hanya ada di Indonesia. Untuk itu disini penulis akan membahas mengenai lembaga pendidikan pesantren secara umum dan keberadaan pesantren secara khusus di Kota Palembang dengan mengumpulkan data-data tertulis yang ada dan melakukan analisis terhadap data yang telah dikumpulkan, sehingga nantinya data yang akan diambil memiliki kesesuaian dengan tema yang akan dibahas.References
Agustin, R. (n.d.). Kamus lengkap bahasa indonesia. Serba Jaya.
Akhiruddin, K. (2015). Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara. Jurnal Tarbiya, 1(1), 195–219.
Anam, S. (2017). Karakteristik dan Sistem Pendidikan Islam: Mengenal Sejarah Pesantren, Surau dan Meunasah di Indonesia. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, I(I), 145–149. https://doi.org/10.33754/jalie.v1i1.52
Anas, A. I. (2012). Kurikulum Dan Metodologi Pembelajaran Pesantren. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 29. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.400
Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(11), 59–72.
Faridah, A. (2019). Pesantren, Sejarah dan Metode Pembelajarannya di Indonesia. Al-Mabsut Studi Islam Dan Sosial, 13(2), 78–90.
Hanif, A., & Haedari, A. (2006). Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global (2nd ed.). IRD Press.
Hasan, N. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Pondok Pesantren Raoudhotut Tholibin Rembang Jawa Tengah. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(2), 92. https://doi.org/10.21580/wa.v3i2.1146
Huda, N. (2015). Sejarah Sosial Intelektual Islam di Indonesia (1st ed.). Rajawali Oers.
Kodir, A. (2015). Sejarah Pendidikan Islam dari masa Rasulullah hingga Reformasi di Indonesia (B. Ahmad (ed.)). Cv. Pustaka Setia.
Larasati, C. (2018). Profil Pondok Pesantren Salafiyah Rubath Al-Muhibbin Palembang. UIN Raden Fatah.
Makruf. (2013). Strategi Pondok Pesantren Arriyadh Palembang dalam Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Nursyarief, A. (2014). PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DALAM LINTASAN SEJARAH (Perspektif Kerajaan Islam). Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(2), 256–271. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a8
Okta Diansya, D. (2021). Perkembangan Pondok Pesantren Muqimus Sunnah di Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang Tahun 2009-2018. Universitas Sriwijaya.
Pratama, I. putra, & Zulhijra. (2019). Reformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 117–127.
Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Kualitatif (pp. 1–37). http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4494/1/METODOLOGI PENELITIAN Pendekatan Praktis Kualitatif.pdf
Sakir, M. (2014). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 103–118. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i1.369
Sudrajat, A. (2018). Pesantren Sebagi Transformsi Pendidikan Islam diIndonesia. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 64–88.
Sulthon Masyhud, M. (2003). Manajemen Pondok Pesantren. Diva Pustaka.
Syaikhu, A. (2011). SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM ( Telaah Kritis Dinamika Pendidikan Islam ). Falasifa, 2(2), 119–129.
Usman, I. (2013). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Al Hikmah, XIV(1), 101–119.
Zulhimma. (2013). Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren Di Indonesia. Jurnal Darul ’Ilmi, 01(02), 166–167.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License