Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media Strip Story Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v8i1.4909Keywords:
Model Pembelajaran, Pembelajaran Cooperative Script, Media Strip StoryAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script berbantuan media strip story terhadap hasil belajar kelas IV pada muatan pembelajaran IPS SDN 11 Pringgabaya Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dan desain penelitian one group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen penelitian ini adalah tes yang sudah dilakukan pengujian validitas dengan 10 butir soal valid dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan perhitungan untuk uji hipotesis, pengaruh model pembelajaran cooperative script berbantuan media Strip Story terhadap hasil belajar kelas IV pada muatan pembelajaran IPS dengan t (hitung) = 8,954 lebih besar dari t (tabel) sebesar 2,086 berarti hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative script berbantuan media strip story terhadap hasil belajar kelas IV pada muatan pembelajaran IPS SDN 11 Pringgabaya Utara.
References
Apriliawati, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Strip Story Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Skripsi. IAIN Tulungagung.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.
Fikriyah, Q. (2019). Pengaruh Media Strip Story Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MI EL-Ziyan Pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan Uin Syarif Hidayatullah.
Hamzah. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Malang: CV. Literasi Nusantara.
Hayati, Sri. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kemendikbud, (2013). Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kurniawan. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta.
Mahdalena, S., & Sain, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 118-138.
Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 176-187.
Saputra, T. A. (2009). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis pembelajaran Tematik. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2017). Cooprative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wulandari, L. P. A., Suadnyana, I. N., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media Strip Story Terhadap Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia, Indonesian Journal of Educational Research and Review, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License