Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Statistika
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v8i2.5688Keywords:
aktivitas belajar, metode guided discovery, minat belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa pada mata kuliah statistika pada siswa pendidikan sejarah. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Taggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengukur penerapan metode penemuan terbimbing dan aktivitas belajar siswa serta angket untuk mengukur minat siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, baik kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I, keterlaksanaan metode pembelajaran mencapai 75%. Meningkat menjadi 80% pada siklus kedua; aktivitas belajar siswa mencapai 60% dan pada siklus II 80%. Minat siswa mencapai 60% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Hasil penelitian ini menyiratkan praktik mengajar bahwa metode penemuan terbimbing dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengembangkan minat siswa dan menyediakan lingkungan belajar yang kondusif untuk aktivitas, keterlibatan, dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
References
Ainley, M., Hillman, K., & Hidi, S. (2002). Gender and interest processes in response to literary texts: Situational and individual interest. Learning and Instruction, 12(4), 411–428. https://doi.org/10.1016/S0959-4752(01)00008-1
Bybee, R. W., Powell, J. C., & Trowbridge, L. W. (2014). Teaching secondary school science: Strategies for developing scientific literacy. Pearson Higher Ed.
Cooney, T. J., Davis, E. J., & Henderson, K. B. (1975). Dynamics of teaching secondary school mathematics. Houghton Mifflin.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Metode Pembelajaran Mengejar Konten dan Keterampilan berpikir. Indeks.
Ganyaupfu, E. M. (2013). Teaching methods and students’ academic performance. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 2(9), 29–35. http://www.ijhssi.org/.
Hajar, S., Arafah, K., & Ali, M. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. J. Pendidik. Fis. Dan Teknol, 6(1), 153–161. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1798
Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13. http://dx.doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167
Hurlock, E. B., Istiwidayanti, Sijabat, R. M., & Soedjarwo. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga, Jakarta.
Ibe, H., & Ukpai, K. (2013). Effects of guided-inquiry and expository teaching methods on senior secondary school students’ performances in Biology in Imo State. Journal of Education Research and Behavioral Sciences, 2(4), 51–57. http://www.apexjournal.org/
Joyce, B., & Weil, M. (2000). Models of teaching. Amerika: A. Pearson Education Company.
Juweni, S., & Wulandari, T. C. (2016). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 177–181. https://repository.unikama.ac.id/840/21/177-181 Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.pdf
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3). https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i2.36
Lestari, M. E., Subiki, S., & Lesmono, A. D. (2017). The Effect of Guided Discovery Model with LKS of Mind Mapping on Learning Outcomes and Learning Activities in Physics Learning at SMA 1 Cluring. Pancaran Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i2.36
Markaban. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Departemen Pendidikan Nasioanl PPPG Matematika.
Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267–281. https://doi.org/10.1002/pits.20149
Nisa, K., Susongko, P., & Utami, W. B. (2017). Penyusunan Skala Minat Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Rasch (Studi Pengembangan Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Tarub Tahun Ajaran 2016/2017). JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 1(1). https://doi.org/10.24905/jpmp.v1i1.789
Purwadarminta. (2007). Kamus umum bahasa Indonesia. PN Balai.
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan Remaja. Rosdakarya.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. 2011. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sari, F. M., & Harini, E. (2015). Hubungan persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika minat belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UNION, 3(1), 61–68. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=510287&val=10433&title=Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Minat Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/93/90
Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Stie YKPN.
Singer, K. (1987). Membina Hasrat Belajar di Sekolah,(Terj. Bergman Sitorus). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Slameto, B. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sucipta, S. (2018). Metode Guided Discovery Learning terhadap Tingkat Berpikir Kritis Siswa Dilihat dari Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Economic Education (IJEE), 1(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/IJEE/article/view/10744/6609
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. UPI Press.
Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi minat belajar, motivasi berprestasi dan kecerdasan logis matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMA negeri 1 Kintamani. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.697
Sulaiman, S. (2019). Improving Student Learning Outcomes With Guided Discovery Method Using Geogebra Software. Journal of the Indonesian Mathematics Education Society, 1(2), 9–17. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jimes/article/view/8140
Syah, M. (2003). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahyuni, B. E. N., & Nur, E. (2007). Teori Belajar dan pembelajaran. In Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License