Peran Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi dan Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Pringgabaya
DOI:
https://doi.org/10.29408/jhm.v8i2.6022Keywords:
bimbingan kelompok, disiplin, motivasi, pendidikan IPSAbstract
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan peserta didik dalam proses kegiatan bimbingan dan mempunyai peran yang cukup besar di masa yang akan datang. Aspek terpenting dari pendidikan adalah proses pembelajaran, namun motivasi dan kedisiplinan seseorang sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi dan kedisiplinan siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran layanan bimbingan kelompok meningkatkan motivasi dan disiplin belajar siswa. 13 siswa termotivasi untuk belajar dari 15 siswa, dan 14 memiliki perilaku disiplin dalam belajar dari 15 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa peran layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi dan disiplin belajar siswa cukup baik dan efektif.References
AM, S., (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Andriati, N., & Rustam, R. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. JBKI (Buku Pedoman Konseling Indonesia), 3(1), 11-15. https://doi.org/10.26737/jbki.v3i1.523.
Anggraini, Y., & Patmanthara, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Capaian Pembelajaran Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1650–1655. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.
Syahid, A. (2020). Studi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa pada Kelas VIIIC SMP Negeri 18 Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(4), 5-9, http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i4.3757.
Mini, R. (2011). Disiplin Pada Anak-Anak. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan Nasional.
Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Tanpa Kota Penerbit: Nusa Media.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Saragi, M. P. D., Iswari, M., & Mudjiran, M. (2016). Kontribusi konsep diri dan dukungan orangtua terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Jurnal Koselor: Jurnal Profesi Konseling, 5(1), 1-14, https://doi.org/10.24036/02016516477-0-00.
AM, S. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksana
Uno, H. B., Lamatenggo, N. & Solong, N. P. (2014). Teori Variabel Keguruan & Pengukurannya: Suatu Kajian Mendalam Tentang Guru Mulai dari Kompetensi Lingkungan Kerja, Motivasi, Disiplin, Prestasi Hingg Kinerja Guru. Gorontalo: Sultan Amai Press.
Wawancara, 3 Maret 2022
Wawancara, 7 Maret 2022
Wawancara, 8 Maret 2022
Wawancara, 11 Maret 2022
Wawancara, 15 Maret 2022
Wawancara, 22 Maret 2022
Wlodkowski, R. J. dan Jaynes J. H. (2004). Motivasi Belajar (Penerjemah M. Chairul Annam). Jakarta: Pustaka Pelajar.
Yudi Firmansyah, Erwin Susanto, & Muhammad Mona Adha. (2020). Pengelolaan kelas Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan disiplin belajar. CIVICS: Jurnal Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 72–76. https://doi.org/10.36805/civics.v5i1.1329.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Jurnal Humanitas must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Jurnal Humanitas provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Jurnal Humanitas can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License