Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

  1. Jurnal JPPGH: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Hamzanwadi
    Menerima artikel hasil penelitian dan kajian analitis kritis dalam bidang pendidikan yang fokus pada isu pendidikan secara umum, pengembangan pembelajaran, media pembelajaran, pendidikan inklusi, dan upaya memajukan pendidikan. 
  2. diupload di submission pada link http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika
  3. Panjang artikel minimal 10 halaman dan maksimal 12 halaman. Ketentuan Artikel telah tercantum dalam templet yang telah di sediakan. 
  4. Jurnal ini mengikuti standar internasional dalam penentuan authorship, Seperti tercantum dalam web.
  5. Dalam aturan tersebut, untuk dapat disebut pengarang seseorang wajib terpenuhi kriteria berikut:  Substantial contributions to the conception or design of the work; or the acquisition, analysis, or interpretation of data for the work; AND, Drafting the work or revising it critically for important intellectual content; AND, Final approval of the version to be published; AND, Agreement to be accountable for all aspects of the work in ensuring that questions related to the accuracy or integrity of any part of the work are appropriately investigated and resolved.
  6. Dengan kata lain: pengarang terlibat sejak dari awal sampai akhir dan berbagi tanggung jawab secara penuh atas karya itu, tanpa kecuali.
  7. Dalam hal publikasi skripsi, tesis, disertasi yang berupa monograf (karya tunggal dan komprehensif), hanya mahasiswa yang berhak atas kepengarangan.
  8. Pembimbing tidak berhak karena sejak dari awal pembimbing tidak berbagi tanggung jawab penuh atas tugas akhir mahasiswa. Mahasiswa diuji sendiri dalam ujian akhir, menandatangani sendiri lembar integritas yang menjamin karyanya bebas dari plagiasi, dll.
  9. Jika submitter yakin bahwa pembimbing telah mengubah secara substansial isi tugas akhir, maka perubahan susbtansial itu harus terlihat pada judul, rumusan masalah, dan jawaban risetnya. Pada bagian literature review wajib dibahas posisi artikel yang disubmit dibandingkan dengan tugas akhirnya.
  10.  Style :

    Anda tidak perlu menata style. Cukup gunakan template ini untuk mengirimkan naskah kepada editor. Tetapi untuk penulisan referensi, gunakan standar APA.  Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan Zotero atau Mendeley.  

    STRUKTUR ARTIKEL 
  11. PENDAHUALUAN :

    Kami berharap pendahuluan memuat hal-hal berikut: Latar belakang mengapa riset Anda penting. Latar belakang dapat berangkat dari masalah akademis maupun masalah sosial, yang pada ujungnya memunculkan masalah, yaitu “kesenjangan antara yang ideal dengan yang terjadi di lapangan.”,

    Rumusan masalah atau pertanyaan penelitian. Jelaskan mengapa pertanyaan itu penting untuk dijawab: apakah orang lain sudah menjawab? Kalau belum menjawab, apa yang mereka bicarakan? Kalau sudah menjawab, apakah yang unik dari tawaran jawaban Anda? Bagian ini, biasanya disebut “tinjauan pustaka” atau “literature review” dalam disertasi.

    Dengan menjawab pertanyaan di atas tersebut, maka editor akan mudah mengukur kontribusi akademik Anda, novelty, dan apakah naskah Anda layak muat atau tidak.  Rekomendasi kami, silakan mereview tulisan-tulisan mutakhir dari jurnal ilmiah terpercaya. Anda bisa menggunakan Google Scholar, Untuk memastikan bahwa Anda membahas masalah yang benar-benar baru. 

  12. Metode Penelitian :

    Pada tahap submission, untuk mempertanggungjawabkan riset Anda, uraikan secara lengkap metode penelitian yang Anda gunakan dalam riset ini. Tujuannya adalah agar para reviewer dapat secara lebih baik menilai naskah Anda. Pada tahap publikasi, editor dan penulis akan bekerjasama untuk meringkas dana atau membuang bagian-bagian yang tidak signifikan atau bersifat rahasia. 

  13. ISI :

    Tergantung dari jenis risetnya, Anda bisa mengikuti model pembahasan tergabung atau terpisah antara result dan discussion. Penelitian kuantitatif biasanya dipisahkan antara result dan hasil, sedangkan penelitian kualitatif cenderung menyatukan result dan discussion

  14. KESIMPULAN :

    Kesimpulan bukan ringkasan, tetapi apa implikasi dari penelitian Anda. Misalnya, setelah Anda menemukan bahwa disabilitas merupakan produk dari konstruksi sosial, maka dapat disimpulkan bahwa tidak tepat jika program-program pemerintah untuk difabel hanya terfokus pada program rehabilitasi. 

  15. CATATAN :

    Dalam bagian terakhir ini, Anda menyampaikan informasi yang diperlukan terkait asal naskah Anda. Misalnya, naskah pernah dipresentasikan di mana, naskah berasal dari skripsi, sampai dengan ucapan terima kasih kepada donor jika Anda meneliti dengan dana pihak lain. 

  16. REFRENSI ;

    Gunakanlah minimal 15 referensi yang berupa artikel jurnal ilmiah maupun buku. 

a. Contoh jika berasal dari buku teks:

Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New

 York: Macmillan.

b. Dari buku teks yang dirangkum oleh editor.

Effendi, Sofian. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.).

Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

c. Dari buku terjemahan

Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta :

Gramedia.

d. Dari skripsi/tesis/desertasi

Suyanto, Slamet (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.

e. Dari jurnal:

Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education, 26 (1), 14-17.

f. Dari kumpulan abstrak penelitian atau proceeding:

Paidi. (2008). Urgensi pengembangan kemam-puan pemecahan masalah dan metakog-nitif siswa SMA melalui pembelajaran biologi. Prosiding, Seminar dan Musyawarah Nasional MIPA yang diselenggarakan oleh FMIPA UNY, tanggal 30 Mei 2008. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

g. Dari internet

White, H. (2007). Problem-based learning in introductory science across disciplines. Diakses tanggal 27 Maret 2007 dari http://www.udel.edu/chem/white/finalrpt.html.

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.