Penerapan Model Discopery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 2 Pancor
Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Pancor tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 18 orang siswa. Data dari penelitian dikumpulkan melalui pengamatan dan test dari masing-masing siklus. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan sebelumnya dilakukan tahap pra siklus. Tindakan dikatakan berhasil apabila hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75 melebihi 85% (14 siswa). Analisis data hasil belajar matematika materi pecahan menunjukan adanya peningkatan dari masing-masing tahapan siklus, dimana pada pra siklus dengan pendekatan kontekstual, diketahui data siswa dengan hasil belajar rendah dan tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebanyak 2 orang, siswa dengan hasil belajar sedang dan berada pada kriteria ketuntasan minimal sebanyak 2 orang, dan siswa dengan hasil belajar tinggi dan melebihi pada kriteria ketuntasan minimal sebanyak 10 orang. Kemudian pada siklus I, keseluruhan siswa mendapatkan hasil belajar tinggi dan melebihi kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan pada siklus II, siswa dengan hasil belajar sedang dan berada pada kriteria ketuntasan minimal sebanyak 2 orang, dan siswa dengan hasil belajar tinggi dan melebihi kriteria ketuntasan minimal sebanyak 14 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa Kelas IV SDN 2 Pancor.
References
Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada rencana pelaksanaan pembelajaran dasar listrik dan elektronika di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48.
Esti, I. (2016). Metode Penelitian Bahasa dan Sastra. Ombak.
Hidayah, N. (2015). Integralistik bimbingan konseling dalam pendidikan karakter siswa di sekolah dasar.
Laki, R. (2018). Strategi pembelajaran bahasa indonesia di erakurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 23–29.
Lamote, H. (2017). Kesulitan-kesulitan guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah DDI Labibia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(1), 55–72.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Najmi, A. (2021). Konsep Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan.
Prabawati, I. G. A. K. I., & Sumantri, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Hasil Belajar Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2).
Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran perencanaan pembelajaran terhadap kualitas pengajaran. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 7(1), 138–163.
Rifa’i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran).
Sari, A. P. P. (2018). Tinjauan Terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Metode Nahwu Terjemah, Metode Langsung, Metode Audiolingual Dan Metode Gabungan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 103–126.
Sauri, S., Sulastri, A., Hakim, A. R., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1167–1173.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17.
Sitorus, R. B., & Hia, Y. (2022). Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra untuk menigkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smp negeri 1 porsea ta 2020/2021. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1566–1573.