Penerapan Model Discopery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 2 Pancor

Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Arif Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi
  • Angga Pratama Universitas Hamzanwadi
  • Hendri Nurmawan Universitas Hamzanwadi
  • Hultia Hariani Universitas Hamzanwadi
  • Liana Liana Universitas Hamzanwadi
  • Rifkian Ilhami Universitas Hamzanwadi
  • Thasa Diantari Universitas Hamzanwadi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui penerapan model pembelajaran discovery learning.  Jenis  penelitian  adalah  penelitian tindakan  kelas (PTK), dengan  subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  IV  SDN 2 Pancor tahun ajaran 2023/2024  yang  berjumlah  18  orang  siswa.  Data dari penelitian dikumpulkan melalui pengamatan dan test dari masing-masing siklus. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan sebelumnya dilakukan tahap pra siklus.  Tindakan  dikatakan  berhasil  apabila  hasil belajar  yang  memenuhi  kriteria  ketuntasan  minimal  yaitu  75  melebihi  85%  (14  siswa). Analisis data hasil belajar matematika materi pecahan  menunjukan  adanya  peningkatan dari masing-masing tahapan siklus, dimana pada pra siklus dengan pendekatan kontekstual, diketahui  data  siswa  dengan  hasil  belajar  rendah  dan  tidak  memenuhi  kriteria  ketuntasan minimal  sebanyak  2  orang,  siswa  dengan  hasil  belajar  sedang  dan  berada  pada  kriteria ketuntasan  minimal  sebanyak  2  orang,  dan  siswa  dengan  hasil  belajar  tinggi  dan  melebihi pada  kriteria  ketuntasan  minimal  sebanyak  10  orang.  Kemudian pada siklus I, keseluruhan siswa mendapatkan hasil belajar tinggi dan melebihi kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan pada  siklus  II,  siswa  dengan  hasil  belajar  sedang  dan  berada  pada  kriteria  ketuntasan minimal  sebanyak  2  orang,  dan  siswa  dengan  hasil  belajar  tinggi  dan  melebihi  kriteria ketuntasan minimal sebanyak 14 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa Kelas IV SDN 2 Pancor.

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada rencana pelaksanaan pembelajaran dasar listrik dan elektronika di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48.

Esti, I. (2016). Metode Penelitian Bahasa dan Sastra. Ombak.

Hidayah, N. (2015). Integralistik bimbingan konseling dalam pendidikan karakter siswa di sekolah dasar.

Laki, R. (2018). Strategi pembelajaran bahasa indonesia di erakurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 23–29.

Lamote, H. (2017). Kesulitan-kesulitan guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah DDI Labibia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(1), 55–72.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Najmi, A. (2021). Konsep Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan.

Prabawati, I. G. A. K. I., & Sumantri, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Hasil Belajar Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2).

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran perencanaan pembelajaran terhadap kualitas pengajaran. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 7(1), 138–163.

Rifa’i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran).

Sari, A. P. P. (2018). Tinjauan Terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Metode Nahwu Terjemah, Metode Langsung, Metode Audiolingual Dan Metode Gabungan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 103–126.

Sauri, S., Sulastri, A., Hakim, A. R., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1167–1173.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17.

Sitorus, R. B., & Hia, Y. (2022). Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra untuk menigkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smp negeri 1 porsea ta 2020/2021. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1566–1573.

Downloads

Published

2024-06-28