Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 1 Waringin
Keywords:
Model Problem Based Learning, IPAS, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar siswa melalui model problem based learning siswa kelas IV dalam pelajaran IPAS di SDN 1 Waringin tahun ajaran 2024. Penelitian ini dilaksanakan pada dasarnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS yakni membedakan keinginan dan kebutuhan melalui penerapan model problem based learning. Metode yang digunakan adalah metode PTK yang terdiri dari 2 siklus pembelajaran. Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa. Hasil belajar muatan IPAS peserta didik kelas IV SDN 1 Waringin dengan model pembelajaran PBL mengalami peningkatan yaitu dari siklus I diperoleh 50%, dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 80,3% dengan kategori tinggi dan berhasil mencapai indikator ketuntasan belajar sebesar 80%. kesimpulannya dengan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Dwitagama, et al. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Fauziah, Delia.2016. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Vol. I No. I. Hal 104-105.
Hajar, ‘A Nisaul, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Sebelas Maret.
Juwita, P. I. (2022). Perbedaan Hasil Belajar melalui Penerapan Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning terhadap Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 196–204. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.1747
Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460 1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753
Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press
Permendikbud Nomor 23 tahun 2016. Kriteria Ketuntasan Minimum. Jakarta: Depdikbud.
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352
Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan
Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat. Adimas Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76. https://doi.org/10.24269/adi.v4i2.2106
SANTOSA, A. W. (2022). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sd Negeri Sudimoro 2 Tahun Ajaran 2021/2022. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234– 239.https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1345
Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 99–108.
Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK:
Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127–133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana.
Yuniati, V. E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL)
pada Peserta Didik Kelas VI SDN Ngrawoh Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora.Educatif
Journal of Education Research, 3(2), 31–39.https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.45
Yuristia, F., Hidayati, A., & Ratih, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis
Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2),