Media Pembelajaran Buku Aktivitas Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar
Abstract
This research aims to develop learning media Activity Book for students with special needs reading difficulties or what is called dyslexia using research design Borg and Gall, which consists of 10 steps, was then simplified to 7 steps, namely: (1) research and data collection, (2) planning, (3) product development, (4) initial field trials, (5) revision of learning media, (6) main product test, (7) final product. This research was conducted on one 4th grade students who have difficulty reading. This research instrument using media expert validation sheets, material expert validation sheets and responses headmaster. The results of the media expert validation test got a score of 99 and were in the score range X>96.54 in the "very good" category and results from experts The material received a score of 38 in the score range X>33.54 by category "very good" while the results of the principal's response obtained a number score 70 and is in the score range X>63 in the "very good" category. So it can be concluded that the Activity Book media is valid and effective to use as a tool that makes it easier for students to overcome difficulties read.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Activity Book terhadap siswa berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan membaca atau disebut disleksia dengan menggunakan desain penelitian Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah kemudian disederhanakan menjadi 7 langkah yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi media pembelajaran, (6) uji produk utama, (7) produk akhir. Penelitian ini dilakukan pada salah satu siswa kelas 4 yang mengalami kesulitan membaca. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan respon kepala sekolah. Hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor 99 dan berada pada rentang skor X>96,54 dengan kategori “sangat baik” dan hasil dari ahli materi mendapat skor 38 berada pada rentang skor X>33,54 dengan kategori “sangat baik” sedangkan hasil dari respon kepala sekolah memperoleh jumlah skor 70 dan berada pada rentang skor X>63 dengan kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan media Aktivity Book valid dan efektif digunakan sebagai alat bantu yang mempermudah siswa untuk mengatasi kesulitan membaca.
References
Aprilia Ulfaitul Inka, Fathurohman, P. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.
Boyd-barrett, O. (n.d.). I: Asking the Right Questions (Theory, History, Traditions, Context in Mass Communication Research).
Fajar, Meria. Penerapan Metode Gillingham Stillman dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Anak Disleksia Siswa Kelas 1 MI NU Istiqlal Jati Kudus. 2020. PhD Thesis. IAIN KUDUS. Hal 31-34.
Fitriyah dan Wiwik Wijayanti. (2022). Ragam Media Pembelajaran Adaptif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia. Hal 1. 7-29.
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/.
Harwell (2022). Analisis Kesulitan Membaca Siswa pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7466-7473.
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator PencapaianBahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
Ihsani, M. H. (2021). Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum. Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 1(2), 33–43.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Mais, Asrorul. Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK): Buku referensi untuk guru, mahasiswa dan umum. Pustaka Abadi, 2016. Hal 9,10-11,14-15, 17-18, 27-28.
Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.
Muhamad Romadhon, A. S. (2019). Penanganan Siswa Learning Disabilities di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Pakpahan, Andrew Fernando, et al. Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020. Hal 1-2, 8-9,12-13,58.
Perempuan, Kementerian Pemberdayaan. Panduan penanganan anak berkebutuhan khusus bagi pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat). Kementrian Perlindungan Anak dan Perempuan: Jakarta, 2013. Hal 4-5.
Primasari Ika Firma Ningsih Dian, Supena Asep. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia dengan Metode Multisensori di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Jakarta. Journal, 5(4). DOI: https://doi.org/10.311004/basicedu.v5i4.1055
Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2),40-53.Hal(50-51).DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424
Setyaningjati Indah. (2019). Penggunaan Media Gambar Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Di Kelas I SD Negeri Karangwaru I Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Silawati, Dkk. (2021). Pengembangan Media Activity book Untuk Meningkatkan Karakter Mandiri Anak Usia Dini. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia. Journal, Vol.6, No.2.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani. Hal (28).
Supena Asep dan Munajah Robiatul. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Journal, 5(1), 4. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.558
Widiyanto, Wahyu Eko; PUTRA, Eko Galuh Panca. Pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Sport Science And EducationJournal,2021, 2.2. DOI: https://doi.org/1033365/ssej.v2i2.1052
Widodo, A. (2020). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman,11(1),.SELLJournal,5(1),55.https://doi.org/10.31942/mgs.v11i 1.3457. DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457