The Efektivitas Model Pembelajaran Pjbl Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Di SDN 2 Denggen Timur
Efektivitas Model Pembelajaran Pjbl Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Di SDN 2 Denggen Timur
Keywords:
Learning outcomes, project based learning, PTKAbstract
This research aims to determine the effectiveness of implementing the project-based learning (PjBL) model on the learning outcomes of fifth-grade students in SDN 2 Denggen Timur. This type of research is classroom action research (CAR) using the lesson study method. The subjects of the study are all 20 fifth-grade students. The results indicate that the application of the PjBL model significantly improves students' learning outcomes, as evidenced by the increase in the average learning scores in each cycle. In the first cycle, the average class score was 35.00 with a completeness percentage of 0%; in the second cycle, the average rose to 39.00 with a completeness percentage of 0%; in the third cycle, it increased to 53.00 with a completeness percentage of 10%; in the fourth cycle, the class average became 72.00 with a completeness percentage of 85%; and in the fifth cycle, the average score was 81.00 with a completeness percentage of 95%..
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPAS kelas V di SDN 2 Denggen Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode lesson study. Subjek dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V yang bejumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secarasignifikan yang dapat dlihat dari peningkatan hasil rata-rata hasil belajar setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 35, 00 dengan presnetase ketuntasan 0%, pada siklus II rata-rata menjadi 39,00 dengan presnetase ketuntasan 0%, pada siklus III meningkat menjadi 53,00 dengan presnetase ketuntasan 10%, pada siklus IV rerata kelas menjadi 72,00 dengan presnetase ketuntasan 85%, dan pada siklus V, nilai rata-rata sebesar 81,00 dengan presnetase ketuntasan 95%
References
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Fahmi., Chamidah, Dian., Hasyad, Suryadin., Muhammadong., Saraswati, Sari., Musham, Julhidayat., Listiyani, Laily R., Rahmawati, Heny K., Yanuarto, Wanda N., Maiza, Masfa., Tarjo., dan Wijayanti, Astuti. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Lengkap dan Praktis. Indramayu: Adanu Abimata.
Farhana, Husna., Awira., dan Mutaqien, Nurul. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Harapan Medan: Cerdas.
Fatimah, Iis D. (2022). Model-model pembelajaran. Kota Baru: Yayasan Pendidikan Cendekia
Muslim. Harmaen, D., Dahlan, T., Rohimah, S. M., & Nurqodariyah, G. U. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, 14(01), 300-306.
Isrok’atun & Amelia, R. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Liansari, V. dan Untari, R.S. (2020). Buku ajar strategi pembelajaran. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Neoloka, A. & Neoloka, Grace A. (2017). Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sediri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.
Octavia, Shilphy A. (2020). Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media.
Rahman, Taufiqur. (2018). Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Pilar Nusantara.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(01), 41-54.
Tanjung, Darinda S., Pinem, Irmina., Mailani, Elvi., & Ambarwati, Nova F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Ulfah, A. U., Razali, R., Rahman, H., Ghofur, A., Bukhory, U., Wahyuningrum, S. R., Yusup, M., Indrawati, R., & Muqoddam, F. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset, dan Pengembangan). Madura: IAIN Madura Press.
Wahyuni, E. dan Fitriania. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesert Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Jurnal Tadarus Tarbawy, 3(01), 320-327.