Profil Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Pada Topik Teori Kinetik Gas Menggunakan Three-Tier Test
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v3i1.1492Keywords:
Pemahaman konsep, teori kinetik gas, three-tier testAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil identifikasi pemahaman konsep mahasiswa calon guru pada topik Teori Kinetik Gas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode eksplorasi untuk memperoleh hasil identifikasi pemahaman konsep mahasiswa calon guru Fisika pada materi teori kinetik gas. Instrumen tes yang digunakan berbentuk three-tier, kombinasi jawaban dikategorikan menjadi paham konsep, kurang paham konsep, tidak paham konsep, menebak, dan miskonsepsi. Hasil jawaban mahasiswa calon guru Fisika dikategorikan berdasarkan kombinasi jawaban dan dideskripsikan hasil temuannya. Secara umum, banyak mahasiswa calon guru Fisika yang paham konsep teori kinetik gas, namun masih ada yang mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi paling banyak dialami mahasiswa calon guru Fisika pada sub topik persamaan keadaan gas.
References
Alwan, A.A. (2011). Misconception of heat and temperature Among physics students. Procedia Social and Behavioral Sciences 12 600-614
Djanette, B. & Fouad, C. (2014). Determination of university students’ misconceptions about light using concept maps. Procedia-Social and Behavioral Sciences 152 (2014) 582-589.
Eggen, P.D. & Kauchak, D.P. (2013). Educational Psychology: Wimdows on Classrooms. (USA: Pearson)
Fuller, R.G., Karplus, R., & Lawson, A.E. (1977). Can physics develop reasoning? Physics Today 30 (2) 23
Jauhariyah, M.N.R., Suprapto, N., Suliyanah, Admoko, S., Setyarsih, W., Harizah, Z., Zulfa, I. 2018. The students’ misconception profile on chapter gas kinetic theory. Journal of Physics: Conference Series 997 (2018) 012031.
Jauhariyah, M.N.R., Zulfa, I., Harizah, Z., dan Setyarsih, W. 2018. Validity of student’s misconceptions diagnosis on chapter Kinetic Theory of Gases using three-tier diagnostic test. Journal of Physics: Conference Series 1006 (2018) 012005.
Kaltakci-Gurel, D., Eryilmaz, A., & McDermott, L.C. (2016). Identifying pre-service physics teachers’ misconceptions and conceptual difficulties about geometrical optics. European Journal of Physics 37 (045705) (30pp).
Kutluay, Y. 2005. Diagnosis of Eleventh Grade Students’ Misconceptions about Geometric Optic by a Three-Tier Test. Thesis. Middle East Technical University.
Mahmudah. I.R. 2013. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Teori Kinetik Gas pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Safitri, D.N.R. 2015. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI pada materi Teori Kinetik Gas Menggunakan CRI (Certainty of Response Index). Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
ŞAHİN, Ç. (2014). What do the prospective science teachers know about human eye? Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching, 15 (1), Article 5, p.1 (Jun, 2014).
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.