Meta Analisis: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Flipbook Terhadap Hasil Belajar Fisika

Authors

  • Rizky Noor Adawiyah Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK, IAIN Palangka Raya
  • Hadma Yuliani Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK, IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Nasir Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK, IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v7i2.19276

Keywords:

Flipbook, hasil belajar, fisika, media pembelajaran, pengembangan

Abstract

Inovasi media pembelajaran dengan Flipbook sangat diperlukan untuk mendongkrak hasil pembelajaran Fisika didukung penelitian relevan. Penelitian bertujuan untuk melihat berapa pengaruh keefektifan media kepada hasil belajar peserta didik saat diterapkan. Penelitian metode meta analisis, diperoleh pencarian literatur data sebanyak 22 artikel jurnal penelitian menggunakan kata kunci “Flipbook Fisika”, “Media Pembelajaran Interaktif Flipbook Fisika”, “Media Pembelajaran Flipbook”, dan “Flipbook Fisika SMA” di website google schoolar, mendeley reference management software, dan aplikasi harzing’s publish or perish. Menyelidiki efektivitas metode R&D, full experiment, dan quasi experiment dilengkapi bentuk statistik mean, standar deviasi, chi-square, dan hasil uji t. Variabel terkonsentrasi pada tahun publikasi 2013-2023. Diperoleh 8 artikel jurnal penelitian relevan. Hasil Effect Size sebesar 2,9 (tinggi) dengan interpretasi pengaruh keefektifan media pembelajaran flipbook terhadap hasil belajar fisika sebesar 99% saat diterapkan kepada peserta didik. Maka, media ajar Flipbook efektif dilaksanakan sebagai solusi meningkatkan hasil belajar Fisika peserta didik di segala jenjang pendidikan.

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

Articles