Meta Analisis: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Flipbook Terhadap Hasil Belajar Fisika
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v7i2.19276Keywords:
Flipbook, hasil belajar, fisika, media pembelajaran, pengembanganAbstract
Inovasi media pembelajaran dengan Flipbook sangat diperlukan untuk mendongkrak hasil pembelajaran Fisika didukung penelitian relevan. Penelitian bertujuan untuk melihat berapa pengaruh keefektifan media kepada hasil belajar peserta didik saat diterapkan. Penelitian metode meta analisis, diperoleh pencarian literatur data sebanyak 22 artikel jurnal penelitian menggunakan kata kunci “Flipbook Fisika”, “Media Pembelajaran Interaktif Flipbook Fisika”, “Media Pembelajaran Flipbook”, dan “Flipbook Fisika SMA” di website google schoolar, mendeley reference management software, dan aplikasi harzing’s publish or perish. Menyelidiki efektivitas metode R&D, full experiment, dan quasi experiment dilengkapi bentuk statistik mean, standar deviasi, chi-square, dan hasil uji t. Variabel terkonsentrasi pada tahun publikasi 2013-2023. Diperoleh 8 artikel jurnal penelitian relevan. Hasil Effect Size sebesar 2,9 (tinggi) dengan interpretasi pengaruh keefektifan media pembelajaran flipbook terhadap hasil belajar fisika sebesar 99% saat diterapkan kepada peserta didik. Maka, media ajar Flipbook efektif dilaksanakan sebagai solusi meningkatkan hasil belajar Fisika peserta didik di segala jenjang pendidikan.Downloads
Published
2023-08-30
Issue
Section
Articles