Tahap Define dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa

Hikmawati Hikmawati, Haerunisyah Sahidu, Kosim Kosim, sutrio sutrio, Gunawan Gunawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil tahap Define dalam pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model four D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap Define dilakukan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran. Langkah-langkah yang telah dilakukan pada tahap Define adalah analisis ujung depan, analisis mahasiswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Hasil penelitian untuk analisis kebutuhan yaitu deskripsi tentang kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan fisika, pendekatan pembelajaran yang digunakan berbasis STEM, profil lulusan untuk menjawab tantangan dan tuntutan masa depan. Hasil penelitian untuk analisis mahasiswa yaitu deskripsi tentang karakteristik mahasiswa yang meliputi kemampuan bernalar, latar belakang pengetahuan, dan tingkat perkembangan kognitif mahasiswa. Hasil penelitian untuk analisis tugas yaitu dalam bentuk peta kedudukan modul. Hasil penelitian untuk analisis konsep yaitu dalam bentuk peta konsep tentang Osilasi. Hasil penelitian untuk perumusan tujuan pembelajaran yaitu deskripsi kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Simpulan dari penelitian ini adalah Tahap Define telah selesai dilakukan sehingga tahap pengembangan perangkat pembelajaran dapat dilakukan ke tahap selanjutnya yaitu tahap Design.

Keywords


Define; STEM; HOTS

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., Krathwohl, D.R., Airasian, P.W., Cruikshank, K.A., Mayer, R.E., Pintrich, P.R., Raths, J., Wittrock, M.C. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Pearson, Allyn & Bacon.

Ercan S., Altan EB., Taştan B., Dağ I. 2016. Integrating GIS into Science Classes to Handle STEM Education. Journal of Turkish Science Education, 13 (Special Issue), 30-43.

Ibrahim, Muslimin. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

Jufri AW, Qadri BA, Hikmawati, Maulyda MA, Sriwarthini NLPN. 2020. Belajar dan Pembelajaran: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Mataram: Sanabil.

Junaidi A., dkk. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Noeraida & Sulaeman AA. 2018. UNIT PEMBELAJARAN STEM Mata Pelajaran IPA SMP Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH). Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Ntemngwa, C. & Oliver, J.S. (2018). The Implementation of Integrated Science Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Instruction using Robotics in the Middle School Science Classroom. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 6(1), 12-40. DOI:10.18404/ijemst.380617.

Permanasari A. 2016. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains: “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21” Surakarta, 22 Oktober 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).

Siswanto, Slamet, W., Darjatiningsih, I., Mulyana, B. 2018. Fisika SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Tim Penyusun. 2019. Profil Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2012 TENTANG PENDIDIKAN TINGGI.

Wijayanti A. & Fajriyah K. 2018. Implementasi Stem Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 6 (2), 69-69.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats