Pemanfaatan GeoGebra Untuk Simulasi Fenomena Partikel dalam Sumur Potensial Kuantum
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v9i2.31672Keywords:
fisika kuantum, simulasi, GeoGebra, sumur potensial tak hinggaAbstract
GeoGebra merupakan aplikasi yang praktis untuk memvisualisasikan sebuah persamaan matematis. Penelitian ini memanfaatkan aplikasi GeoGebra untuk memviasualisasikan salah satu topik fisika kuantum yaitu partikel dalam sumur potensial tak hingga. Model partikel dalam sumur potensial tak hingga diselesaikan dengan metode analitik, kemudian berdasarkan solusi analitik dikembangkan simulasi pada aplikasi GeoGebra untuk memvisualisasikan fungsi gelombang dan probabilitas partikel. Simulasi yang dikembangkan dapat menjadi jembatan antara pemodelan matematis dengan interpretasi fisis. Dengan menggunakan simulasi, mahasiswa dapat menginterpretasikan fungsi gelombang dan probabilitas partikel serta memahami beberapa sifat kuantum yang berbeda dengan teori klasik.
References
Arjana, I. G., & Suastra, I. W. (2022). Pengembangan simulasi interaktif berbasis GeoGebra dalam mendukung pelaksanaan perkuliahan fisika mekanika dasar berbasis STEM. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(3), 99-111.
Gusmida, R., & Islami, N. (2017). The development of learning media for the kinetic theory of gases using the ADDIE model with augmented reality. Journal of Educational Sciences, 1(1), 1-10.
Hohenwarter, M., et al. (2022). GeoGebra Manual: A Dynamic Mathematics Software for Learning and Teaching. GeoGebra Institute.
Langi, R. K., Tumalun, N. K., & Regar, V. E. (2024). Meta Analisis: Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 858-868.
Lathifah, A. S., Hardaningtyas, K., Pratama, Z. A., & Moewardi, I. (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 36-42.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.
Mintzes, J. J. (2020). From constructivism to active learning in college science. Active learning in college science: The case for evidence-based practice, 3-12.
Perkins, K., et al. (2016). PhET Interactive Simulations: Transforming How Students Learn Physics. Physics Education Research Conference Proceedings, 123-126.
Pratidhina, E., & Sumardi, Y. (2019). Developing Computer Program as a Learning Resource on Gas Law Topics for High School Students. International Journal of Instruction, 12(2), 133-146.
Singh, C., & Marshman, E. (2015). Review of Student Difficulties in Upper-Level Quantum Mechanics. Physical Review Physics Education Research, 11(2), 020117.
Solvang, L., & Haglund, J. (2021). How can GeoGebra support physics education in upper-secondary school—a review. Physics Education, 56(5), 055011.
Taber, K. S. (2021). Understanding Quantum Mechanics: Challenges and Pedagogical Strategies. Science Education Research, 29(3), 341-355.
Wieman, C., & Adams, W. (2020). Developing Interactive Simulations for Physics Teaching. Physics Today, 73(5), 45-50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kappa Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan