Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Laxmi Zahara Universitas Hamzanwadi
  • ernawati wati universitas hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v1i2.518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kalor kelas XI MA Sab’ul Hayat Tahun Pembelajaran 2017/2018â€. Quasi Eksperimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Desain ini hanya memberikan post-test. Populasi dalam penelitian ini  adalah semua kelas XI IPA Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelompok kontrol.Kelompok eksperimen belajar dengan model pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal dan kelompok kontrol belajar dengan model pembelajaran konvensional. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian yang telah dianalisis dengan menggunakan uji t satu pihak pada taraf signifikan 0,05 memperoleh  nilai thitung(3,56) > ttabel(2,04). Karena thitung> ttabel, maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kalor.

Author Biographies

Laxmi Zahara, Universitas Hamzanwadi

universitas hamzanwadi

ernawati wati, universitas hamzanwadi

universitas hamzanwadi

References

Anggareni. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Retrieved 11 2017, from Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha: pasca.undiksha.ac.id

Baedowi, A. (2014). Esai-esai Pendidikan. Dipetik 11 2017, dari Calak Edu: books.google.co.id

Ennis, Roberh. (1995). Critical Thinking. Universitas of Illinois.The New York Times Company. United States of Amerika

Kowiyah. (2012). Kemampuan berfikir kritis. Jurnal pendidikan dasar, volume III Nomor 5Hal.175-177, diunduh di (http://www.um.ac.id) tanggal 27 februari 2017.

Ridwan, Nurma Ali. (2007). Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. P3M STAIN Purwokerto. Volume 5. Nomor 1. Hal. 27-38.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana prenada media group.

Wijayanthi, A. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal terhadap Tnggung Jawab dan Hasil Belajazr IPS Siswa Kelas V SD Gugus 1 Gusti Ngurah Rai Denpazsar Bali. Dipetik 11 2017, dari Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha: pasca.undiksha.ac.id

Published

2018-02-08

Issue

Section

Articles