PEMANFAATAN KBBI DARING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA

Silvia Sandi Wisuda Lubis

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pemanfaatan KBBI daring sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada mahasiswa PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode analisis deskriptif yang dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian dapat berupa orang, lembaga, masyarakat dan yang lainnya yang pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya. Penguasaan kosakata sangat diperlukan karena semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang, maka semakin mudah pula ia menyampaikan dan menerima informasi, bahkan kosakata dapat digunakan sebagai tolak ukur kepandaian seseorang. KBBI daring sebagai sebuah media teknologi yang bisa didapatkan dengan mudah. Pada gawai, KBBI daring sebagai sebuah aplikasi tersendiri yang dapat diunduh secara mudah dan penggunaannya bisa dilakukan tanpa menggunakan jaringan internet. Tampilan KBBI daring cukup menarik, substansinya juga lengkap yaitu terdiri atas kelas kata, ragam, bahasa, dan bidang. Pemanfaatan KBBI daring dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia bisa dilakukan dengan enam kegiatan yang menitikberatkan pada kegiatan menulis. Terdapat enam kegiatan dengan pemanfaatan KBBI daring sebagai upaya meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia.  Pemanfaatan KBBI daring dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia mendapat skor maksimal pada unit I sebesar 73,77%dan II (76,29%), sedangkan pada unit III (64,32%) mendapat skor rendah sehingga untuk keseluruhan mencapai 70% keberhasilan pemanfaatan KBBI daring. 

Kata Kunci: KBBI daring, Kosakata bahasa Idonesia

 


Full Text:

PDF

References


Auliana, C. N. 2012. Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. 1 Nomor 2, 138.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. 2016. Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan nasional.

Mardalis. 1999. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara.

Nazir, Moh. 1988. Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001a. Menulis Secara Populer. Pustaka Jaya.

__________________. 2001b. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE Yogyakarta.

Samsiyah, Siti dkk. 2013. Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Membaca Cerita (Survei pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Jatiroto). 1 Nomor 1, 32.

Sugiyono. 2002. Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.

Susanti, Ratna. 2002. Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris. Balai Pustaka.

Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Humaniora Utama Press. Tarigan, Henry Guntur. 1993. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Angkasa.

Torgesen, J. 2007. Overview of Academic Literacy instruction for adolescents. Whitney, F. 1960. The Elements of Resert Asian Eds. Overseas Book Co.

USAID Prioritas. 2018. “Modul Membaca Dan Menulis Kelas Awal.” In . Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.21243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats