TEACHING BIPA: CONDITIONS, OPPORTUNITIES, AND CHALLENGES DURING THE PANDEMIC

Authors

  • Elva Riezky Maharany Universitas Islam Malang
  • Prayitno Tri Laksono Universitas Islam Malang
  • Basori Basori

DOI:

https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3856

Abstract

Pandemi telah berimbas pada pendidikan dunia, tak terkecuali pembelajaran BIPA. Tidak diperbolehkannya pertemuan pembelajaran mengakibatkan pembelajaran BIPA konvensional berubah. Tujuan kajian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran BIPA di masa pandemi. Aspek apa saja yang menjadi perhatian, peluang serta tantangan tersendiri. Dengan kajian ini, diharapkan pengajar serta pebelajar BIPA memiliki gambaran untuk mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran BIPA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan fokus kepada studi kasus. Kajian ini mendeskripsikan kondisi pembelajaran BIPA di masa pandemi ini meliputi kurikulum, strategi pengelolaan kelas, media dan asesmen telah dilaksanakan sedemikian rupa. Ada dua peluang dalam pembelajaran BIPA yaitu peluang bagi lembaga penyelenggara BIPA serta peluang meningkatkan jumlah mahasiswa asing. Selain itu, tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran BIPA di masa pandemi ini adalah tantangan sistem pembelajaran, tantangan bagi pengajar, kondisi internet, serta literasi digital. Temuan tersebut diharapkan mampu menjadi gambaran bagi pengajar untuk menyiapkan pembelajaran BIPA di masa yang akan datang dengan lebih baik. Selain itu, diharapkan lembaga penyelenggara BIPA menangkap peluang tersebut dengan maksimal dengan cara mewujudkan tantangan di masa yang akan datang dengan baik.

Keywords: BIPA, Pembelajaran, Pandemi, Tantangan

References

American Council on The Teaching of Foreign Languages. (2012). ACTFL Proficiency guidelines speaking, writing, listening and reading. Diakses dari https://www.actfl.org/resources/actfl-proficiency-guidelines-2012

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online edisi 2. Universitas Terbuka: Katalog dalam Terbitan.

Common European Framework of Reference. (n.d.). The CEFR Levels. Diakses dari https://www.coe.int/en/web/common-european-framework-reference-languages

Diani, W. & Dewi, L. (2020). Tantangan guru BIPA menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 1-15. Diakses dari https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformatika/article/view/3179 diakses 5 Mei 2021.

Hasan. (2021). Tantangan Guru dalam mengajar dengan system Work from home Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 no 1 1-14. Diakses dari https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/issue/view/Vol%207%2C%20No%201%20%282021%29 diakses 5 November 2021.

Kusmiatun, A. (2020). Geliat pembelajaran BIPA di tengah pandemi. Prosiding Seminar Nasional PIBSI Ke-42. 76-84. Diakses dari https://www.researchgate.net/profile/Ida-Zulaeha/publication/352246698_Prosiding_Seminar_Nasional_PIBSI_Ke-42/links/60c070b5458515bfdb557ed4/Prosiding-Seminar-Nasional-PIBSI-Ke-42.pdf#page=84

Language Policy Programme Education Policy Division Education Department. Council of Europe. (2018). Common European Framework of reference for languages: learning, teaching, assessmen. companion volume with new descriptors. Diakses dari https://rm.coe.int/cefr-companion-volume-with-new-descriptors-2018/1680787989

Nilasari, K. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemi covid 19. Lentera: Jurnal Diklat Keagamaan, 5(1), 15-18. Diakses dari https://lentera.kemenag.go.id/index.php/lentera/article/view/14

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 27 Tahun 2017. Diakses dari https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud%20Nomor%2027%20Tahun%202017.pdf

Setyaningrum, R. W., & Pangesti, F. (2020). Forced remote learning during the covid-19 outbreak: international students’ stories from a bahasa indonesia (the Indonesian language) for foreigners’ classroom. Journal of International Students, 10(S3), 180-197. Diakses dari https://ojed.org/index.php/jis/article/download/3206/1237

Suputra, P., Nitiasih, P., & Paramarta, I. 2020. Kelas Daring Bahasa Inggris di Masa Pandemi: Sebuah Tantangan Pembelajaran. Seminar Nasional Riset Inovartif 2020. Diakses dari file:///C:/Users/USER/Downloads/2129-37-3499-1-10-20201205.pdf diakses 5 November 2021.

Suyitno, I. (2005). Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, strategi, dan aplikasi pengajarannya. Yogyakarta: Grafika Indah.

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Perspektif Pendidikan, 35. Diakses dari https://www.academia.edu/download/65756572/FullBookCovidPendidikan.pdf#page=46

Widodo. (2004). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Model Tutorial: Studi kasus pembelajaran BIPA tingkat pemula pada program center for Indonesian studies universitas negeri Malang. Disertasi: tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Downloads

Published

2021-11-28

How to Cite

Maharany, E. R., Laksono, P. T., & Basori, B. (2021). TEACHING BIPA: CONDITIONS, OPPORTUNITIES, AND CHALLENGES DURING THE PANDEMIC. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 58–72. https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3856