TEACHING BIPA: CONDITIONS, OPPORTUNITIES, AND CHALLENGES DURING THE PANDEMIC
DOI:
https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3856Abstract
Pandemi telah berimbas pada pendidikan dunia, tak terkecuali pembelajaran BIPA. Tidak diperbolehkannya pertemuan pembelajaran mengakibatkan pembelajaran BIPA konvensional berubah. Tujuan kajian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran BIPA di masa pandemi. Aspek apa saja yang menjadi perhatian, peluang serta tantangan tersendiri. Dengan kajian ini, diharapkan pengajar serta pebelajar BIPA memiliki gambaran untuk mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran BIPA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan fokus kepada studi kasus. Kajian ini mendeskripsikan kondisi pembelajaran BIPA di masa pandemi ini meliputi kurikulum, strategi pengelolaan kelas, media dan asesmen telah dilaksanakan sedemikian rupa. Ada dua peluang dalam pembelajaran BIPA yaitu peluang bagi lembaga penyelenggara BIPA serta peluang meningkatkan jumlah mahasiswa asing. Selain itu, tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran BIPA di masa pandemi ini adalah tantangan sistem pembelajaran, tantangan bagi pengajar, kondisi internet, serta literasi digital. Temuan tersebut diharapkan mampu menjadi gambaran bagi pengajar untuk menyiapkan pembelajaran BIPA di masa yang akan datang dengan lebih baik. Selain itu, diharapkan lembaga penyelenggara BIPA menangkap peluang tersebut dengan maksimal dengan cara mewujudkan tantangan di masa yang akan datang dengan baik.
Keywords: BIPA, Pembelajaran, Pandemi, Tantangan
References
American Council on The Teaching of Foreign Languages. (2012). ACTFL Proficiency guidelines speaking, writing, listening and reading. Diakses dari https://www.actfl.org/resources/actfl-proficiency-guidelines-2012
Belawati, T. (2019). Pembelajaran online edisi 2. Universitas Terbuka: Katalog dalam Terbitan.
Common European Framework of Reference. (n.d.). The CEFR Levels. Diakses dari https://www.coe.int/en/web/common-european-framework-reference-languages
Diani, W. & Dewi, L. (2020). Tantangan guru BIPA menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 1-15. Diakses dari https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformatika/article/view/3179 diakses 5 Mei 2021.
Hasan. (2021). Tantangan Guru dalam mengajar dengan system Work from home Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Vol 7 no 1 1-14. Diakses dari https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/issue/view/Vol%207%2C%20No%201%20%282021%29 diakses 5 November 2021.
Kusmiatun, A. (2020). Geliat pembelajaran BIPA di tengah pandemi. Prosiding Seminar Nasional PIBSI Ke-42. 76-84. Diakses dari https://www.researchgate.net/profile/Ida-Zulaeha/publication/352246698_Prosiding_Seminar_Nasional_PIBSI_Ke-42/links/60c070b5458515bfdb557ed4/Prosiding-Seminar-Nasional-PIBSI-Ke-42.pdf#page=84
Language Policy Programme Education Policy Division Education Department. Council of Europe. (2018). Common European Framework of reference for languages: learning, teaching, assessmen. companion volume with new descriptors. Diakses dari https://rm.coe.int/cefr-companion-volume-with-new-descriptors-2018/1680787989
Nilasari, K. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemi covid 19. Lentera: Jurnal Diklat Keagamaan, 5(1), 15-18. Diakses dari https://lentera.kemenag.go.id/index.php/lentera/article/view/14
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 27 Tahun 2017. Diakses dari https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud%20Nomor%2027%20Tahun%202017.pdf
Setyaningrum, R. W., & Pangesti, F. (2020). Forced remote learning during the covid-19 outbreak: international students’ stories from a bahasa indonesia (the Indonesian language) for foreigners’ classroom. Journal of International Students, 10(S3), 180-197. Diakses dari https://ojed.org/index.php/jis/article/download/3206/1237
Suputra, P., Nitiasih, P., & Paramarta, I. 2020. Kelas Daring Bahasa Inggris di Masa Pandemi: Sebuah Tantangan Pembelajaran. Seminar Nasional Riset Inovartif 2020. Diakses dari file:///C:/Users/USER/Downloads/2129-37-3499-1-10-20201205.pdf diakses 5 November 2021.
Suyitno, I. (2005). Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, strategi, dan aplikasi pengajarannya. Yogyakarta: Grafika Indah.
Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Perspektif Pendidikan, 35. Diakses dari https://www.academia.edu/download/65756572/FullBookCovidPendidikan.pdf#page=46
Widodo. (2004). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Model Tutorial: Studi kasus pembelajaran BIPA tingkat pemula pada program center for Indonesian studies universitas negeri Malang. Disertasi: tidak diterbitkan. Malang: FS UM.