Analisis Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur dalam Slogan Iklan Kopi di Televisi serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP
DOI:
https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.6552Abstract
Slogan iklan merupakan wujud tuturan yang di dalamnya mengandung maksud tertentu. Dari tuturan tersebut diharapkan adanya reaksi dari mitra tutur. Slogan merupakan salah satu wujud penggunaan bahasa dalam berkomunikasi yang banyak menimbulkan reaksi. Penelitian ini deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan bentuk, fungsi dan relevansi tindak tutur slogan iklan kopi di televisi sebagai bahan ajar bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan 4 teknik pengumpulan data yaitu teknik bebas libat cakap (SBLC), rekam, transkrip data, dan catat. Hasil penelitian berupa 1) bentuk tindak tutur deklaratif lebih banyak ditemukan sekitar 20 data, sedangkan data tindak tutur yang paling sedikit yaitu tindak tutur interogatif dengan 1 data. Bentuk tindak tutur imperatif ada 2 data bentuk tindak tutur imperatif berupa perintah dan bentuk tindak tutur interogatif berupa pertanyaan. 2) Fungsi tindak tutur representatif paling banyak ditemukan sebanyak 18 data, sedangkan fungsi tindak tutur direktif hanya ditemukan 7 data. 3) Relevansi tindak tutur slogan iklan kopi bisa diimplikasikan pada KD 3.3 dan 4.3 pada muatan ajar bahasa Indonesia di SMP kelas VIII. Implementasi tindak tutur bisa dilakukan dengan menambahkan kajian tindak tutur slogan iklan sebagai materi penguat atau sumber belajar tambahan bagi siswa sebagai pembanding model tindak tutur di ranah digital visual.
Kata Kunci: Tindak Tutur, Iklan Slogan, Bentuk dan Fungsi, Bahan Ajar Bahasa Indonesia
References
Ananda, N. A., Sutama, I. M., & Nurjaya, I. G. (2015). Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Slogan Varian Iklan Pond’s di Televisi Swasta. In JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan dan Sastra Indonesia (Vols. 3, NO. 1, Issue 1).
Dewi, I. G. A. R. S., Suandi, I. N., & Wisudariani, N. M. R. (2016). Jenis, Bentuk, dan Fungsi Tindak Tutur Meme Comic pada Facebook. Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 5(3).
Kustina, R. (n.d.). Tindak Tutur Bahasa Iklan Radio Toss FM Banda Aceh. 1, 134–144.
Luh Yuli Purnamentari, Nengah Suandi, N. M. R. W. (2017). Analisis Jenis, Bentuk, Dan Fungsi Tindak Tutur Berita Utama Pada Koran Bali Post. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20239
Musaffak. (2015). Analisis Wacana Iklan Makanan dan Minuman Pada Televisi Berdasarkan Struktur dan Fungsi Bahasa. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 224–232.
Ni Nyoman Ayu Ari Apriastuti. (2019). Bentuk, Fungsi Dan Jenis Tindak Tutur Dalam Komunikasi Siswa Di Kelas Ix Unggulan Smp Pgri 3 Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 38–47.
Nurhalim, A. D. (2021). Peran Iklan Terhadap Perilaku Konsumen : Kampanye Iklan GojekTerhadap Perilaku Konsumen di Kota Tangerang. Jurnal Ekonombis, 7(1), 12–26.
Pesona, J., Amelinda, E., Yusuf, M., Ilmu, F., Budaya, P., & Hasuna, K. (2019). Analisis Wacana Iklan Berbahasa Banjar di Sky Radio 89.3 FM Banjarmasin. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 264–273. https://doi.org/10.33654/sti.v4i2.994
Indonesia, U. (2020). IKLAN PENYEDIA JASA KLENIK DI SITUS INTERNET BELANDA : ANALISIS TINDAK TUTUR. 6(2).
Romadhani, N. M., & Eles, R. J. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Iklan Pada Produk Mi Instan Indomie Di Televisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 38–46. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.3458
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Wardana, B. W. P., Assidik, G. K., Pratiwi, D. R., & Huda, M. (2022). Analysis of Directive Speech Acts in Rans Entertainment’s Vlogs and their Implication for Indonesian Language Learning. Proceedings of the International Conffile:///E:/Documents/Downloads/125974369.Pdference of Learning on Advance Education (ICOLAE 2021), 662(Icolae 2021), 198–208. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220503.019
Wulan, A. P. (2013). ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM IKLAN MOTOR DAN MOBIL DALAM HARIAN UMUM SOLOPOS (Edisi 21 Juni 2011). Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 2. No, 150–164.
Wisnu Wardani, W. W. (2018). Pragmatics Analysis of English Slogans used in Motorcycle Advertisement. International Journal of English and Literature, 8(3), 69–78.