Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penggunaan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Praya Tengah

Authors

  • Hamdi Hamdi SMAN 1 Praya Tengah

Keywords:

google classroom, kualitas pembelajaran, pelajaran geografi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran geografi dengan menggunakan google classroom. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS-2 SMAN 1 Praya tengah, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 15 laki laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan meliputi data hasil observasi aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dan data hasil belajar mata pelajaran geografi dan  dianalisis dengan statistik deskriptif. PTK dilaksanakan  selama 2 siklus dan dilaksanakan mulai bulan September sampai bulan Oktober 2019. Berdasarkan pelaksanaan siklus pertama yang dilakukan diperoleh prosentase keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran  sebesar 69,50% dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi yaitu sebesar 69,70%. Pada Siklus kedua diperoleh prosentase keaktifan siswa sebesar 94,50% dan prosentase hasil belajar mata pelajaran geografi siswa  sebesar 90,91%. Dari data tersebut terdapat peningkatan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran sebesar 25,00% dan  peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi setelah mengikuti pembelajaran sebesar 21,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan google classroom dapat meningkatkan kulaitas pembelajaran  mata pelajaran geografi, materi Wilayah dan Pewilayahan, siswa kelas XII IPS-2 SMAN 1 Praya Tengah, Tahun Pelajaran 2019/2020

Author Biography

Hamdi Hamdi, SMAN 1 Praya Tengah

Pendidikan Geografi

References

Ashoumi, H., & Shobirin, M. S. (2019). Peningkatan Aktifitas Belajar Mahasiswa Dengan Media Pembelajaran Kelas Virtual Google Classroom. e-Prosiding SNasTekS, 1(1), 149-160.

Ayuni, F. N. (2015). Pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran geografi. Jurnal Geografi Gea, 15(2).

Djamarah, Saiful B. dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2006.

Ernawati.Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2018.

Hakim, A.B. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom, dan Edmodo, I-Statement, Vol. 2, No. 1, 1-6. 2016

Hardiyana, Andri. Implementasi Google Classroom Sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah.Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional.SMAN 1 Losari.Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon. Provinsi Jaewa Barat. 2015.

Iftakhar, Shampa. “ Google Classroom: What Whorks And How?â€Journal of Education and Social Sciences.Vol. 3. 2016.

Imaduddin, M. (2018). Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google Classroom: Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Garudhawaca.

Kurniawan, H. (2016). Efektifitas pembelajaran problem solving dan investigasi terhadap keterampilan berpikir kritis matematis berbantuan Google Classroom. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(1), 56-67.

Lestari, Indah. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 3. ISSN: 2088-351X.

Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. INOMATIKA, 1(2), 110-121.

Pradana, D. B. P., & Harimurti, R. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Diemas Bagas Panca Pradana Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Email: diemaspradana@ mhs. une. Jurnal IT-Edu, 2(1), 59-67.

Siskawati, M., Pargito, P., & Pujiati, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal studi sosial, 4(1).

Sugiono.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.2015.

Suprihatiningsih.Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Yogyakarta: Deepublish.2016.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.2013.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran-Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.

Utami, R. (2019, February). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 498-502).

Downloads

Published

2020-09-03