Pengembangan kompetensi profesional guru PAI melalui pemanfaatan teknologi informasi
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2629Kata Kunci:
Teknologi Informasi, Kompetensi Profesional Guru, Peyusunan Naskah Soal PAIAbstrak
Guru sebagai garda terdepan dalam pengembangan sekolah dan peserta didik harus memiliki berbagai macam kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Dalam kompetensi profesional, guru harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan diri dan berkomunikasi. Dalam rangka mendukung hal tersebut, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) serta mendorong terwujudnya pembelajaran yang baik, khususnya dalam pembuatan naskah soal maupun materi yang memerlukan komponen bahasa Arab maupun Al-quran di dalamnya. Pelatihan ini diikutioleh 35 guru agama dari 34 satuan Pendidikan Sekolah Dasar, baik negeri maupun swasta, yang tergabung dalam KKGPAI (Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam) se-kecamatan Setiabudi. Metode pelatihan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi atau peraktik langsung. Tugas tim pengabdian masyarakat sifatnya membantu para guru yang awalnya tidak memahami dan tidak bisa membuat soal berbahasa Arab secara komputerisasi menjadi bisa. Oleh karena itu para guru diharapkan dapat mengamalkan ilmunya dalam rangka tugas pengajaran di sekolah masing-masing khususnya dapat membuat soal PAI dan karya tulis dengan menggunakan bantuan komputer.Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat secara umum para guru agama yang tergabung dalam KKPAI Kecamatan Setiabudi sudah dapat membuat soal PAI berbahasa Arab menggunakan aplikasi komputer
Referensi
Arianti, B. D. D., Kholisho, Y. N., Ismatulloh, K., Wirasasmita, R. H., … Uska, M. Z. (2020). Pelatihan Computer Based Test (CBT) Ujian Nasional Untuk Siswa SMK di Lombok Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, (1), 22–32. doi:10.29408/ab.v1i1.2408
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan ke-4. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumiaksara.
Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76-81.
Harun, I., & Fauzan, M. (2019). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran oleh guru pendidikan agama islam. AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 88-99.
Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.
Oermann, M. H., & Gaberson, K. B. (2016). Evaluation and testing in nursing education. Springer Publishing Company.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (2007). Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Nugraha, M. S., Supriadi, U., & Anwar, S. (2014). Pembelajran pai berbasis media digital (studi deskriptip terhadap pembelajaran pai di sma alfa centauri bandung). J. Pendidik. Agama Islam-Ta’lim.
Sudjiono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Prees.
Nugroho, B. T. T. A. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran pai di sd negeri candirejo. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 7(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.