Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Chambers, R. (1994). The origins and practice of participatory rural appraisal. World Development, 22(7), 953-969.
Irwanti, Y. D., & Sudira, P. (2014). Evaluasi uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK se-Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3).
Komalasari, R. J., & Suharjo, M. S. (2019). Penerapan Metode Participatory Learning And Action Pada Materi Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Di SMA Negeri 1 Banguntapan Kabupaten Bantul yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Parastiwi, A., Safitri, H. K., Prasetyo, A., & Rahmanto, A. N. (2017, October). Penyusunan Strategi Pembelajaran Participatory Learning and Action untuk Meningkatkan Peran Mahasiswa Teknik Elektronika sebagai Agen Energi Photovoltaic. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Elektro Terapan (Vol. 1, No. 01, pp. 169-174).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 12 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019. (2018). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 34 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK. (2018) Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Pretty, J. N. (1995). A trainer's guide for participatory learning and action. Iied.
Rachim, H. A., & Ginting, P. A. (2019). Pemberdayaan masyarakat di desa pota wangka labuan bajo melalui program peduli lingkungan (sekolah lingkungan) dengan metode partisipatory learning and action. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 46-51.
Santiyadnya, N. (2015, November). Evaluasi Program Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Produktif di SMK Negeri 3 Singaraja. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 3).
Setiawati, L., & Sudira, P. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar praktik kejuruan siswa SMK program studi keahlian teknik komputer dan informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 325-339.
Silmi, A. F. (2017). Participatory Learning And Action (PLA) di Desa Terpencil: Peran LSM PROVISI Yogyakarta dalam Pemberdayaan Masyarakat di Lubuk Bintialo Sumatra Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 83-102.
Trapsilowati, W., Mardihusodo, S. J., Prabandari, Y. S., & Mardikanto, T. (2015). Pengembangan Metode Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue Di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah (Developing Community Empowerment for Dengue Hemorrhagic Fever Vector Control in Semarang City, Central Java Province). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 18(1), 20932.
DOI: https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Statistic Pengunjung Jurnal ABSYARA
ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Bidang Pendidikan, Sains, dan Teknologi
FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS HAMZANWADI
TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid No. 132 Pancor, Selong Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, KP. 83612