PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS PENGETAHUAN PROSEDURAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI NW REKAT LAUK

Penulis

  • Yuniar Lestarini Universitas Hamzanwadi
  • Elin Elin Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

model pembelajaran konsruktivisme, pengetahuan prosdural, pemahaman siswa media tumbuhan hijau.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran konsruktivisme berbasis pengetahuan prosdural terhadap pemahaman siswa kelas IV MI NW Rekat Lauk. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester genap MI NW Rekat Lauk yang terdiri dari 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan  tes (pilihan ganda) yang berjumlah 25 soal. Sebelum data dianalisis, instrumen diuji validitas dan reliabelitasnya. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan anaisis hasil pretest dan posttest. Hasil tes pada pretest mencapai rata-rata 40,91 atau berada pada katagori kurang. Kemudian pada saat posttest rata-rata meningkat menjadi 76,41 dengan katagori baik. Peningkatan yang terjadi dalam pemahaman siswa dari pretest ke posttest menunjukkan peningkatan sebesar 35%. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, sedangkan teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh >   yaitu 15,5 > 2,04. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu ada pengaruh signifikan pada pemahaman siswa menggunakan media tumbuhan hijau pada siswa kelas IV MI NW Rekat Lauk.

Referensi

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Marintis Yamin. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivitis. Ciputat-Jakarta: Ciputat Mega Mall.

Mijhamuddin Alwi M. Sururuddin dan Muhdkk. 2014. Pengembangan Pendidikan Sain SD. Pancor.

Nini Subini, dkk. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Purwanto. 2010. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Ridwan Abdullah Sani. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-13

Terbitan

Bagian

Articles